10.9.16

Kodim 0211/TT Buka Jalan di Tapteng, 2 Desa Terhubung

TobaTimes-Jajarn Kodim 0211/TT melakukan program pra TMMD ke-97 (Tentara Manunggal Membangun Desa) membuka jalan baru yang menghubungkan 2 desa terpencil sepanjang 8,5 kilometer. Jalan baru yang juga jalan pintas itu, menghubungkan Desa Aek Gambir dengan Desa Masundung, Kecamatan Lumut, Tapanuli Tengah (Tapteng).
Personel TNI dari Kodim 0211/TT melaksanakan TMMD, Rabu (7/9) lalu.
Dandim 0211/TT Letkol Inf Corry Sigalingging mengatakan, TMMD dilaksanakan jajaran Kodim 0211/TT telah dimulai 30 Agustus, yaitu pra TMMD ke- 97.

“Pembukaan jalan baru sepanjang 8,5 kilometer dengan lebar 8 meter serta 15 unit jembatan. Dimulai dari Desa Aek Gambir ke Desa Masundung, Kecamatan Lumut, Kabupaten Tapteng. Dengan jalan baru itu, Kami berharap akses warga semakin dekat, apalagi jalan yang baru dibuka merupakan jalan pintas menuju Kecamatan Lumut atau ke jalan besar,” ujarnya.

Dikatakan, pembukaan jalan baru itu sangat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat. Di Desa Masundung ada sekitar 1000-an orang warga yang bermukim dan mayoritas bermata pencaharian sebagai petani karet. Selama ini, warga selalu kesulitan menjual hasil produksi karet akibat sulitnya akses jalan, termasuk mencapai fasilitas lain di kecamatan seperti pendidikan dan kesehatan.

“Selama ini masyarakat harus menempuh jarak sekitar 30 kilometar dengan waktu tempuh 1 jam. Dengan pembukaan jalan baru ini, akses lebih dekat, hanya berkisar 8,5 kilometer dan dapat ditempuh 6 -10 menit. Menjual hasil karet juga makin dekat,” ungkapnya.

Pembukaan jalan baru itu mendapat apresiasi dari warga sekitar. “Terima kasih buat TNI dan Pemerintah atas pembukaan jalan baru ini. Dengan jalan baru ini, kami semakin lebih dekat, lebih lancar dan lebih cepat mengurus sesuatu. Kami sangat terbantu dalam segala bidang," ujar F Harefa (48), warga sekitar.

0 comments:

Post a Comment