8.9.16

Jalinsum Doloksanggul-Pakkat Diperbaiki, Biaya Rp8,6 Miliar


TobaTimes-Badan jalan lintas sumatera (Jalinsum) Matiti-Doloksanggul mulai dari Desa Sihite I hingga perbatasan Desa Sihite II terus ke Matti, Kecamatan Doloksanggul, mulai diperbaiki dan diperlebar dengan biaya sekitar Rp 8,6 miliar lebih.
Perbaikan jalan Doloksanggul-Pakkat
Selain itu, di beberapa titik jalan, juga terlihat beberapa pekerja sedang mengerjakan pembuatan drainase. Perbaikan ruas jalan ini sesuai dengan papan proyek yang dicantumkan nama kegiatan peningkatan struktur jalan provinsi Doloksanggul-Pakkat di Kabupaten Humbang Hasundutan, dengan nomor kontrak: 602/UPTD.DBM-DS/bang/15.84/1283/2016, tanggal kontrak : 13 Juli 2016.

Sementara nilai kontraknya sebesar Rp8.651.920.782, dengan masa pelaksanaan  150 hari. Nama kontraktornya PT. Matio Jaya Cemerlang, konsultan PT ArangsibuRaya Consultant. Dan sumber dana APBD Provsu TA 2016.

Frans (31) salah seorang pekerja mengatakan, perbaikan itu memang harus dilakukan, mengingat ruas jalan sebelumnya terbilang sempit dan ‘mematikan’ lantaran sudah rusak parah. Menurut dia, perbaikan badan jalan ini tengah dilakukan pihaknya. Pihaknya mengaku membutuhkan waktu kurang lebih 150 hari hari ke depan untuk merampungkan kegiatan tersebut.

“Sesuai kontrak, pekerjaan ini harus tuntas 150 hari setelah tanggal kontrak yakni 13 Juli 2016,” ucapnya.

Perbaikan badan jalinsum Matiti, Doloksanggul-Pakkat ini pun mendapat respon positif dari masyarakat setempat. “Ruas jalan ini sangat strategis karena menghubungkan beberapa Kecamatan antara lain Pakkat, Parlilitan dan tarabintang. Bahkan menghubungkan Humbahas- Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah. Sehingga perbaikannya mendesak,” ujar P Sihite (41) dan Hendra Simanullang (37), warga sekitar.

“Kami masyarakat di sini menyambut baik perbaikan jalan ini. Jujur kami sudah sangat lama merindukan perbaikan seperti ini. Untuk itu, kami minta kepada pihak rekanan dan dinas terkait agar tetap mengutamakan kualitas pekerjaan agar dapat bertahan lama,” kata Simanullang diamini temannya.

Kepala UPT Bina Marga Doloksanggul melalui Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan, Jendry Napitupulu ST, menyampaikan, sesuai dengan kontrak, panjang dan lebar proyek jalan hotmix itu terdiri dari panjang 2,7 kilometer dan lebar 4,5 meter. Dengan tebal aspal direncana kan dengan total 10 Cm dan base 15 Cm. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment