9.9.16

Mantap, Ada Bus dan Posko Kesehatan Gratis di Festival Danau Toba


TobaTimes-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) selaku tuan rumah pelaksanaan Festival Danau Toba (FDT) 2016, menyediakan empat bus Damri untuk mengangkut para pengunjung secara gratis yang ditempatkan di sekitar Bandara Silangit.
Tortor Sipitu Cawan, salah satu kekayaaan budaya Batak yang dipertunjukkan di FDT..
"Kita akan menyediakan empat unit bus Damri untuk mengangkut para pengunjung yang akan menyaksikan Festival Danau Toba di Muara," kata Kepala Dinas Perhubungan Tapanuli Utara, Erikson Siagian.

Erikson menjelaskan, keempat bus itu akan ditempatkan di dua lokasi. Pertama, di sekitaran Bandara Silangit atau Simpang Bandara Silangit dan Kota Muara. "Semua bus dimaksud akan beroperasi setiap setengah jam, mengangkut para pengunjung selama pelaksanaan FDT berlangsung," sebut Erikson.

Dia juga menyampaikan, agar selama pelaksanaan FDT para pengunjung yang menggunakan kendaraan memarkirkan kendaraan di tempat-tempat (kantong) parkir yang sudah ditentukan panitia. Sehingga pelaksanaan acara tidak terganggu nantinya. Begitu juga para pengunjung yang menumpang bus, agar naik dengan tertib dari tempat-tempat yang sudah disediakan.

"Kita mengimbau seluruh pengunjung jangan memarkirkan kendaraan di sepanjang jalan dalam Kota Muara, sehingga tidak mengganggu pengunjung lainnya. Juga agar tetap memarkirkan kendaraan di tempat-tempat parkir yang sudah ditentukan," ujarnya.

Selain menyediakan bus secara gratis, Pemkab Taput juga menyiapkan 40 pos pelayanan kesehatan secara gratis. Pos-pos itu ditempatkan di sepanjang jalan, mulai 500 meter dari lokasi Bandara Silangit hingga sepanjang jalan menuju Kota Muara. Dinas Kesehatan Tapanuli Utara akan menerjunkan 130 tenaga medis, meliputi 10 dokter dan 120 perawat/bidan dan 15 unit ambulan.

"Selain Posko Kesehatan gratis, kita juga melibatkan Puskesmas yang ada di Muara, supaya jika ada pengunjung yang sakit mendadak, bisa tertangani dengan baik dan cepat," jelas Kepala Dinas Kesehatan Dr Janri Nababan sembari menambahkan pelayanan medis yang disediakan itu akan beroperasi pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB selama pelaksanaan FDT. (TT/int)


0 comments:

Post a Comment