10.9.16

Senyum, Sapa dan Salam untuk Danau Toba Kita

 
Bupati Taput berangkatkan karnaval mobil hias FDT 2016.
TobaTimes
-Gubernur Sumatera Utara H Tengku Erry Nuradi membuka secara resmi Festival Danau Toba (FDT) yang berlangsung mulai 9 hingga 12 September di Muara, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

T Erry mengatakan, Danau Toba adalah destinasi penting di Indonesia, bahkan di mancanegara. Dan untuk tujuan itulah dibentuk  Otorita Danau Toba untuk memperlancar pembangunan kawasan Danau Toba yang bersinggung dengan tujuh kabupaten di Sumatera Utara.

“Sesuai data, pada tahun 2015, pengunjung mencapai 229 ribu dan itu harus dimanfaatkan," kata Gubsu.

Oleh karena itu, dia berharap agar masyarakat mengambil peran, antara lain meningkatkan kreativitas dan penyediaan suvenir pariwisata. Ini penting untuk memajukan dan memberdayakan ekonomi masyarakat. Selain itu, masyarakat kawasan juga diminta melestarikan budaya dan alam, sebab keduanya itu adalah daya tarik dan hiburan yang akan membuat wisatawan betah di kawasan Danau Toba.

“Sangat penting membuat even berskala nasional maupun lokal untuk menarik wisatawan. Masyarakat juga diharapkan menerapkan konsep 3S, yakni senyum, sapa dan salam," ujarnya.

Sementara, Bupati Taput Nikson Nababan mengatakan bahwa pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin melakukan pembenahan kawasan Danau Toba menjadi destinasi warisan dunia dengan keragaman Kaldera Toba.

Anggota DPR RI Sukur Nababan yang turut hadir menyampaikan bahwa FDT adalah sarana mewujudkan masyarakat yang berdikari. Oleh karena itu, wilayah kawasan Danau Toba yang mencakup 7 kabupaten harus ditanggungjawabi Provinsi Sumatera Utara.

"Menjadikan program nyata bekerjasama dengan pusat karena Danau Toba adalah warisan dunia. Diminta agar membangun infrastruktur ke daerah wisata Danau Toba. Ini juga sebagai langkah mengembalikan sejarah di Indonesia," ujarnya.

Staf Menteri Pariwisata Hari Guntoro mengatakan, budaya dan sejarah Danau Toba adalah potensi bagi 7 kabupaten untuk dipromosikan. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment