9.9.16

Bawahan Kritik Kadishub Siantar, Pedas Bah...!


TobaTimes-Seorang bawahan mengkritik Kinerja Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Siantar di bawah kepemimpinan Posma Sitorus yang tidak maksimal. Kadis dinilai justru menghalangi kinerja para kepala seksi menjalankan tugas kerja.

Ilustrasi.
Hal itu disampaikan Kepala Seksi Angkutan Dishub Kota Siantar Ferdinan Pasaribu, Rabu (7/9). Ferdinan mengatakan, kuota angkot yang beroperasi di Kota Siantar masih sesuai dengan jumlah dalam izin trayeknya. Namun, yang membuat sulit dilakukan pendataan, karena nomor angkot tersebut tidak berurutan.

“Di sinilah kelemahan Dishub. Ketika kita hendak melakukan razia untuk mobil angkot, tapi Kadis selalui menghalanginya. Nggak tahu apa penyebabnya,” ujar Ferdinan.

Menurutnya, sesuai izin di Siantar terdapat 1.300 mobil angkot yang tergabung dalam 25 merek. “Warna angkot juga sudah tidak seragam lagi meski satu merek. Satu merek sudah ada beda warna. Supir angkot juga diwajibkan menggunakan seragam. Ini diatur dalam Permenhub Tahun 1998 tentang standar pelayanan minimal,” terangnya.

Persoalan ini diakui akibat adanya ketidakharmonisan antaran Kadishub Posma Sitorus dengan anggotanya khususnya di bidang angkutan darat. “Dampak ketidak harmonisan ini berpengaruh kepada laporan. Karena begini, tupoksi kita dikangkangi mereka (Kadishub). Ada proses pengurusan izin tidak melalui kami namun dilakukan melalui Kadis. Kemudian Kadis mengunjuk seseroang. Laporan itu menjadi tidak singkron. Mana yang kami proses itulah yang kami laporkan. Inikan menjadi dua kubuh. Yang kami proses saja kami pertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Ferdinan Pasaribu mengutarakan, pihaknya juga terhambat melakukan razia atas perintah yang dilakukan oleh pimpinanya mereka.

“Kita juga melakukan razia tetapi selalu diberhentikan oleh Kadis. Akibatnya juga adalah target menurun. Saat ini banyak angkot yang tidak layak jalan yang seharusnya sudah di remajakan. Tetapi di sini ada pengusaha yang perlu kita tertibkan tetapi jika seperti ini sikap pimpinan maka kita tidak bisa bertindak banyak,” terangnya. (TT/int)
 

0 comments:

Post a Comment