6.9.16

Di Siantar, Blanko e-KTP Aman


TobaTimes-Dua minggu belakangan, pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Siantar sempat terkendala karena habisnya blanko E-KTP, namun saat ini stok E-KTP aman.
Ilustrasi
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Siantar Sertaulina Girsang membenarkan bahwa tidak tidak ada lagi kendala dalam pengurusan E-KTP. "Sekarang sudah nggak ada lagi kendala. Sudah ada stok sekitar dua ribu blanko E-KTP. Kemendagri sudah mengirimnya," ungkapnya.

Dengan adanya stok blanko E-KTP itu, Sertaulina menuturkan bahwa stok itu sebenarnya belum cukup dibandingkan dengan jumlah warga Siantar, namun pihaknya akan kembali menambah stok itu. "Stok ini sebenarnya belum cukup. Tapi ke depan, kita akan tambah lagi blanko E-KTP nya," terangnya.

Tidak hanya itu, Sertaulina mengutarakan bahwa saat ini pihaknya sedang berusaha untuk melakukan perekaman data E-KTP terhadap seluruh warga Kota Siantar. "Sekarang kita sedang fokus mendata seluruh warga Siantar yang sudah dan belum memiliki E-KTP. Itu kita lakukan supaya target 100 persen E-KTP di Siantar tercapai," jelasnya.

Sertaulina menjelaskan bahwa saat ini sekitar 85 persen warga Kota Siantar yang berhak memperoleh E-KTP sudah mereka rekam dan 15 persen lagi akan mereka selesaikan dalam waktu dekat.

Terkendalanya perekaman data E-KTP itu, kata Sertaulina, lantaran banyaknya alat di Kecamatan yang mengalami kerusakan. "Sekarang tinggal 15 persen warga Siantar yang belum terekam dan itu akan kita selesaikan secepatnya. Kita juga memiliki sedikit kendala. Banyak alat di Kecamatan sudah rusak. Hanya ada dua alat yang berfungsi. Makanya ada satu alat yang kami bawa keliling untuk merekam data warga," paparnya.

Sertaulina juga mengimbau agar warga yang sudah melakukan perekaman, namun belum mendapat E-KTP agar segera datang ke kantor Disdukcapil untuk mengambil E-KTPnya.

"Kemarin pas blanko E-KTP kosong, ada warga yang belum mendapat E-KTP. Tapi sekarang kan blankonya sudah ada, jadi sudah bisa diambil E-KTPnya," pungkasnya. (int)

0 comments:

Post a Comment