7.9.16

Banjir Datang, Siswa Jinjing Sepatu ke Sekolah

TobaTimes-Akibat genagan air rob (air pasang laut) yang menerpa disejumlah kawasan di Tanjungbalai, membuat para siswa harus menjijing sepatu ketika memasuki sekolah mereka. Itu akibat ruas jalan menuju ke sekolah mereka digenagi air.
Para siswa menjinjing sepatu menuju sekolah.
Berdasarkan pantauan wartawan, genangan air akibat luapan air pasang terlihat di kawasan Jalan M Abbas, Kelurahan Pantai Burung, Kecamatan Tanjungbalai Selatan Kota Tanjungbalai. Para siswa yang bersekolah di Sekolah Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) terpaksa harus menjijing sepatu akibat pasang bajir rob yang mengenangi ruas jalan tersebut.

"Kalau sudah air pasang, beginilah, Pak, kami buka sepatu," ujar Ijal salah seorang siswa kepada awak media ini, Selasa (6/9).

Ijal mengatakan, kondisi tersebut biasa terjadi karena tidak adanya benteng penaham serta kurang optimalnya fungsi drainase. Dimana saluran drainase yang begitu kecil tidak dapat menampung kapasitas air sehingga meluap keruas jalan. "Udah nggak ada benteng, paritnya juga kecil. meluaplah airnya ke jalan," katanya.

Hal sama juga dikatakan Agus warga Jalan M Abbas. Menurut Agus, fenomena banjir rob memang menjadi sebuah persoalan yang mereka alami terutama saat pasang tinggi air dari laut naik melalui muara.

"Kami berharap pemerintah bisa melakukan pembuatan tanggul penahan di sepanjang  garis sungai terutama di sekitar muara sehingga bisa meminimalisir terjadinya banjir rob akibat kenaikan air di permukaan laut," ungkapnya. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment