6.9.16

Taman Bunga Nusantara Danau Toba Didesain Arsitek Luar Negeri


TobaTimes-Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor mengungkapkan bahwa kehadiran Presiden Repoblik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke puncak panorama Danau Toba di Panoguan Solu, Desa Parulohan, Kecamatan Lintongnihuta, 22 Agustus lalu, ternyata untuk melihat potensi areal seluas 400 hektare yang akan dijadikan taman bunga nusantara (TBN).
Danau Toba
Dan untuk itu, arsitek dari luar negeri pun direncanakan bakal mendesain lokasi itu agar menjadi taman bunga berkelas dunia. ”Bapak Presiden menyampaikan kepada kita bahwa arsitek luar negeri akan mendesain lokasi areal kawasan hutan di Panoguan Solu untuk dijadikan taman bunga nasional berkelas dunia,” ujar Dosmar.

Dia juga menyebut bahwa pihaknya akan bekerja keras mendukung terwujudnya taman bunga nasional tersebut. ”Kita akan all out untuk mendukung semua program pemerintah soal Danau Toba ini. Khususnya untuk terwujudnya taman bunga nasional berkelas dunia itu,” terangnya.

Sedangkan untuk persoalan lahan taman bunga tersebut, Dosmar mengatakan bahwa pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). “Namun, jika ada lahan masyarakat yang masuk di areal, akan dikomunikasikan dengan masyarakat tersebut. Kita yakin masyarkat juga mendukung program besar ini. Yang jelas, kita akan berperan aktif apapun kendala yang timbul nanti,” tandasnya.

Sedangkan untuk penataan sarana infrastruktur di kawasan tersebut, serta pada objek wisata Danau Toba di Bakkara, sepenuhnya akan ditangani pemerintah pusat melalui Badan Otorita Danau Toba (BODT). ”Kalau untuk proyek perbaikan insfrastruktur di lokasi taman bunga maupun objek wisata Danau Toba di Bakkara, itu sepenuhnya ditangani pemerintah pusat dan BODT. Pemkab Humbahas hanya sebagai fasilitator,” paparnya.

Menurutnya, terpilihnya lokasi Panoguan Solu dan Bakkara sebagai lokasi pengembangan wisata Danau Toba di Kabupaten Humbahas, adalah berdasarkan jarak tempuh lokasi dari Bandara Silangit. ”Kedua lokasi itu kita pilih sebagai lokasi pengembangan wisata Danau Toba di Kabupaten Humbahas dengan alasan jarak ke Bandara Silangit yang hanya sekitar 20 kilometer saja,” sebutnya.

Diharapkan kepada seluruh masyarakat Humbahas agar memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan perekonomian. ”Mari siapkan mental dan memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan perekonomiannya. Ini momen besar dari sisi peluang ekonomi. Tugas kita juga untuk merubah karakter masyarakat agar bermentalitas unggul. Saatnya masyarakat meninggalkan kebiasaan dilayani. Saatnya masyarakat melayani para wisatawan nantinya,” ucapnya.

Dari sisi bisnis, Dosmar juga berharap agar para pelaku ekonomi di daerah itu semakin kreatif. ”Banyak potensi alam kita di Humbahas ini yang berpeluang besar menjadi produk unggul dari hasil kreatifitas. Ada kopi, ada kemenyan, ada hasil tanaman holtikultura, ada jeruk dan hasil alam untuk kerajinan tangan. Jadi, jiwa wirausaha itu harus mulai dikembangkan dari sekarang. Sebab, paling lambat tahun 2019, proyek BODT di kawasan Danau Toba sudah jalan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerjanya di Kabupaten Humbahas pada Senin (22/8) meninjau lokasi rencana pembangunan Taman Bunga Nusantara. Di lokasi rencana pembangunan Taman Bunga Nusantara itu Presiden bersama rombongan tampak menyaksikan alam Danau Toba Humbahas yang begitu mempesona. Dalam kunjungan itu, Presiden menyampaikan bahwa ada banyak sisi keindahan alam Danau Toba yang bisa ditawarkan kepada wisatawan, di antaranya pemandangan alam dan pulau kecil yang cantik.

Presiden juga mengatakan, pemerintah sedang mencari alternatif lokasi yang cocok untuk pengembangan lokasi wisata di kawasan Danau Toba.

“Lokasi ini salah satunya. Di sini, seperti yang disampaikan bupati (Bupati Humbahas, red) tadi ada 400 hektare. Di sini dapat dipakai untuk taman bunga, resort, hotel atau wisata lain yang bisa memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat,” papar Jokowi saat itu. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment