7.9.16

Sinode ke VI Keuskupan Agung Medan Dibuka


TobaTimes-Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin bersama Uskup Agung Medan Mgr Dr Anicetus B Sinaga akan membuka sinode ke VI Keuskupan Agung Medan (KAM), Rabu (7/9) di Rumah Pembinaan Fransiskan Nagahuta Kecamatan Panombean Panei, Simalungun.

Pastor Emanuel Sembiring.
 Sekretaris Sinode ke VI Keuskupan Agung Medan (KAM) Pastor Emanuel Sembiring, Selasa (6/9) di sela-sela pematangan persiapan pembukaan sinode di Rumah Pembinaan Fransiskan mengatakan, sinode merupakan momen dimana Uskup meminta keterlibatan umat Katolik melalui perwakilannya dalam anggota sinode untuk ikut bersama memikirkan, mencermati dan merekomendasikan hal-hal yang dianggap perlu dilakukan dalam menyikapi situasi yang terjadi di tengah-tengah umat. Untuk sinode ke VI mengambil tema ‘Keluarga, Gereja Kecil’.

“Keluarga merupakan Gereja Kecil, yang perlu mendapat perhatian serius dalam pengembangan iman. Bagaimana Keluarga memainkan peran, baik sebagai Ayah, Ibu dan Anak, dengan tetap berpedoman dalam kehidupan sebagai penyebar Injil,” kata Pastor Emanuel Sembiring.

Emanuel mengatakan, sinode diartikan berjalan bersama. Dibutuhkan partisipasi semua anggota sinode yang merupakan perutusan Pastor dan jemaat yang dipilih dari 60 paroki yang ada di Keuskupan Agung Medan, perwakilan organisasi masyarakat Katolik, perwakilan yayasan dan lembaga di bawah naungan KAM, perwakilan perguruan tinggi, tokoh masyarakat dan perwakilan organisasi kaum awam seperti kesusteran, memberikan masukan bagaimana keluarga Katolik menjadi Gereja Kecil.

“Keluarga Katolik saat ini hidup dengan kemajuan teknologi informasi yang sangat maju. Dibutuhkan strategi yang seiring dengan zaman, bersadarkan masukan dari anggota sinode. Tentunya tantangan yang dihadapi keluarga Katolik saat ini sangat berbeda dengan tantangan yang dihadapi keluarga Katolik pada 10 tahun lalu,” terang Emanuel.

Ada pun beberapa topik yang menjadi pembahasan di antaranya; Iman Katolik dalam keluarga, pendidikan nilai-nilai, perkawinan Katolik, keluarga dan tantangan perubahan zaman, peran orangtua, ekonomi dan budaya, pendampingan anak dan remaja, seksualitas dan keluarga.

Dalam acara pembukaan, selain mengundang Menteri Agama RI, panitia juga mengundang Gubernur Sumatera Utara, PGI, Bupati Simalungun dan Wali Kota Siantar. Sinode akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 7–10 September.(TT/int)

0 comments:

Post a Comment