5.11.16

Di Danau Toba Perlu Ada Galangan Kapal


TobaTimes, Tobasa - Untuk menyokong program pemerintah mewujudkan Danau Toba sebagai kawasan destinasi wisata yang unggul, perlu kiranya disiapkan sarana dan prasarana pendukung. Dalam hal kelengkapan trasportasi danau, misalnya, sudah saatnya dibangun depot BBM dan galangan kapal.

Kapal wisatawan berlayar di Danau Toba.
Hal itu dikatakan salah seorang pemerhati pariwisata Tobasa Abdi PH Saragi, Sabtu (5/11/16). Menurutnya, hal itu akan memberikan rasa nyaman kepada wisatawan yang ingin mengelilingi Danau Toba dengan kapal.

"Berkunjung ke Danau Toba, wisatawan tentu ingin menjelajahi danaunya. Fasilitas transportasi danau harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman. Ketika seorang wisatawan menaiki kapal mengelilingi Danau Toba, bagaimana keselamatan jiwanya? Untuk itu, kapal yang digunakan harus bisa menjamin keselamatan jiwa wisatawan," katanya.

Oleh karena itu, seyogianya ada lembaga yang menjamin laik tidaknya sebuah kapal beroperasi. Dan setiap kapal harus dilengkapi dengan alat-alat keselamatan seperti pelampung, life jakets, pelempar tali penolong, isyarat visual dan alat-alat keselamatan lainnya.

"Jika ini terpenuhi, maka wisatawan akan merasa nyaman," ujar Saragi.

Dia mengatakan, program pengembangan wisata Danau Toba sangat menjanjikan. Sektor tersebut diharapkan mampu menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat sekitar. Untuk itu, dia berharap agar pemerintah pusat, provinsi dan daerah, serta masyarakat harus serius mendukung program tersebut.

Sementara, Kadishubkominfo Tobasa Ir Pargaulan Sianipar mengatakan bahwa keberadaan galangan kapal sudah menjadi bahan perhatian Pemkab Tobasa.

"Kita sedang cari lahan, namun belum fiks. Padahal untuk pembangunannya, akan ada bantuan dari Pusat. Jadi kami berharap semua pihak khususnya masyarakat Tobasa turut mendukung," katanya. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment