2.11.16

Puluhan Ribu Pelayat Hadiri Pemakaman Ibunda DL Sitorus


TobaTimes, Tobasa - Puluhan ribu pelayat, baik dari masyarakat biasa hingga politikus, pengusaha dan para pejabat, tampak mengadiri acara adat pemakaman Theresia br Panjaitan (Op Sabar), ibunda Dr Sutan Raja DL Sitorus, Selasa (1/11).

Ratusan karangan bunga pemakaman Ibunda DL Sitorus.
Setelah melaksanakan berbagai prosesi adat, sejak Minggu (30/10), Theresia br Panjaitan dikebumikan di pemakaman keluarga di Talak Batu, Desa Parsambilan, Kecamatan Silaen, Tobasa, Selasa (1/11) sekira pukul 18.45 WIB.

Berbagai rangkaian adat  Batak di ruma parsaktian DL Sitorus di Parsambilan, antara lain pada Minggu (30/10) acara adat parmompoon (jenazah dimasukkan ke peti), Senin (31/10) pangarapotan (rapat untuk membicarakan bagaimana prosesi adat yang akan dilaksanakan pada saat pemakaman) dan Selasa (1/11) acara adat partuatna (pemakaman).

Sebelum pemakaman, selepas berangkat dari rumah duka sekira pukul 17.30 WIB, digelar acara kebaktian di Gereja HKBP Silaen. Usai kebaktian, dilanjutkan acara pemakaman yang dihadiri DL Sitorus serta anak cucunya dan para kerabat.

"Setelah acara pemakaman, besok (Rabu) terakhir digelar acara adat manuan raja niduhutduhut (menanam kembang di makam)," ujar Baringin Silaen ST, salah seorang kerabat keluarga DL Sitorus yang diwawancarai di sela-sela acara pemakaman, Selasa (1/11).

Seperti diberitakan sebelumnya, Theresia br Panjaitan berpulang di usianya yang ke-98 tahun di ruma parsaktian  keluarganya di Parsambilan, Desa Sinta Dame, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Selasa (25/10) pukul 15.00 WIB. Op Sabar br Panjaitan  yang lahir pada 31 Desember 1918 lalu itu meninggal karena usia sudah uzur dan sudah sekitar 3,5 tahun menjalani perawatan di rumah.

Almarhumah hanya memiliki anak semata wayang, yaitu pengusaha sukses Dr Sutan  Raja DL Sitorus. Anak-anak DL Sitorus adalah Sabar Sitorus yang memiliki satu anak perempuan. Kemudian, Sihar Sitorus memiliki dua anak, Hakim Sitorus satu anak, Renta br Sitorus memiliki dua anak dan Ika br Sitorus memiliki satu anak.

Dalam hidupnya, Ibu Theresia menjadi panutan bagi Dr Sutan  Raja DL Sitorus. Kesuksesannya menjadi pengusaha tidak terlepas dari peran ibunda tercintanya. Hal itu diakuinya, dimana dalam setiap menyampaikan kata sambutan di depan umum, Dr Sutan Raja DL Sitorus selalu menceritakan bahwa ibunyalah yang selalu dihormati sebagai pengganti Tuhan yang hidup di bumi ini.

Saat ini Dr Sutan Raja DL Sitorus adalah seorang pengusaha sukses yang bergerak di bidang kelapa sawit dan ia sukses mengembangkan usahanya karena selalu hormat dan taat kepada orangtua yang selama ini mendidiknya. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment