30.10.16

43 Poktan di Humbahas Terima Bantuan Alsintan


TobaTimes, Doloksanggul - Sebanyak 43 kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Humbahas, mendapat bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) dari sejumlah pemerhati dan Kementerian Pertanian (Kementan).
Ilustrasi.
Bantuan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian masyarakat itu secara simbolis diserahkan oleh Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor. Adapun bantuan alsintan itu terdiri dari, 6 unit traktor roda empat, 27 unit traktor roda dua dan 10 unit rice trans planter (mesin pemanen padi).

Kepala Dinas Pertanian Humbahas Happy Silitonga menjelaskan, alsintan itu merupakan bantuan alokasi aspirasi dari sejumlah pemerhati, yakni anggota DPR RI Mindo Sianipar, Sahat Silaban, Handani dan Syamsudin Siregar. Kemudian bantuan dari Kementerian Pertanian.

“Ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian tahap ke V untuk tahun 2016 yang dialokasikan melalui aspirasi sejumlah anggota DPR RI.
Tujuan poktan agar produksi pertanian di Humbahas terus meningkat lebih baik,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor memotivasi para poktan penerima bantuan alsintan untuk dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

"Manfaatkanlah alsintan ini untuk kepentingan dan keperluan kelompok tani dan tidak disalahgunakan oleh orang perorangan tertentu. Sehingga tujuan pemerintah menyerahkan bantuan ini mencapai sasaran pertanian,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Dosmar menyaranakan petani agar masuk dan bergabung dalam poktan, mengingat bantuan pemerintah hanya dapat disalurkan melalui poktan saja.

“Tahun depan harus terlihat produksi dan produktifitas hasil pertanian sebagai dukungan dan sukongan dari bantuan alat-alat mesin pertanian ini. Kita juga bermohon kiranya dapat terwujud penanaman serentak. Sehingga pemanfaatan sarana produksi dapat efektif dan efesien,” katanya.

Dosmar juga mengajak seluruh petani untuk menyesuaikan pola tanam yang baik dan terencana. Sehingga tidak terjadi hasil produksi yang membludak yang menyebabkan harga jual dari hasil pertanian jadi rendah sebagaimana yang sudah dialami petani tomat beberapa waktu lalu di pasar.

“Pada kesempatan ini saya juga perlu sampaikan agar PPL dapat sungguh-sungguh melaksanakan tugasnya untuk mendampingi dan membina petani di wilayah kerja masing-masing,” tandasnya. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment