30.10.16

Rp766 Miliar Dikucurkan ke Danau Toba tahun 2017


TobaTimes, Jakarta - Kawasan Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah dan Mandalika di Nusa Tenggara Barat, telah dipilih pemerintah sebagai prioritas pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional.

Danau Toba
Untuk itu, tahun 2017 mendatang, pembangunan infrastruktur dan sarana penunjang di ketiga wilayah itu akan segerla dilaksanakan. Untuk melangsungkan program tersebut berbagai kementerian dan lembaga akan terlibat di dalamnya, termasuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang akan menggarap bagian infrastruktur.

Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp766 miliar yang telah masuk dalam Pagu Tahun Anggaran 2017. "Rp766 miliar itu sudah eligible, sudah jadi bagian datri program pariwisata keseluruhan," kata Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (KPIW) Rido Matari Ichwan di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (28/10/2016).

Sesuatu data, khusus untuk Danau Toba, Dana yang berasal dari APBN 2017 itu terbagi untuk beberapa program sebagai berikut:

- Penyediaan air baku Rp166,9 miliar, pemeliharaan jalan nasional, preservasi dan pelebaran Rp278,4 miliar.
- Sektor air bersih, persampahan, pengelolaan air limbah dan penataan kawasan kumuh di Danau Toba Rp57,06 miliar.
- Perumahan swadaya di Danau Toba Rp15,75 miliar

"Itu frame dari pemerintah, dan pemerintah cukup segitu tidak perlu menyediakan semua. Banyak swasta yang akan memanfaatkan kerangka pembangunan itu," ujar Rido Matari. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment