23.9.16

Ternyata, Rasa Kesepian Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan


TobaTimes - Hati-hati bagi Anda yang sering merasa kesepian. Ternyata, rasa kesepian yang dialami seseorang, bisa lebih berbahaya dari penyakit diabetes dan stroke.

Ilustrasi.
Memang, dampak dari kurangnya hubungan sosial berbeda bagi orang muda dan orangtua, keduanya tetap berbahaya bagi kesehatan masing-masing individu. Berikut bahaya kesepian bagi kesehatan, sebagaimana dilansir laman Cheat Sheet, Kamis 22 Januari 2016.

Sistem kekebalan tubuh lemah

Orang-orang yang sering menemukan diri mereka tanpa teman mungkin lebih rentan terhadap penyakit. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Psychological Science, individu kesepian yang stres mengalami tingkat yang lebih besar dari jenis protein memberikan kontribusi untuk peradangan dibandingkan dengan orang dewasa yang memiliki jaringan sosial tinggi.

Dalam jangka panjang, peradangan tinggi ini bisa mendatangkan malapetaka pada sistem kekebalan tubuh mirip dengan stres kronis.

Kesehatan jantung

Makan semua ikan berlemak di dunia tidak akan berbuat banyak untuk melindungi jantung, jika Anda merasa kesepian sepanjang waktu.

Banyak studi individu telah meneliti hubungan antara isolasi sosial dan kesehatan jantung. Salah satu studi pada 2015 terhadap 23 makalah menemukan bahwa kesepian dikaitkan dengan penurunan kesehatan jantung.

Peningkatan risiko demensia

Menurut Asosiasi Alzheimer, salah satu dari setiap tiga orang tua meninggal dengan penyakit Alzheimer atau jenis lain dari demensia.

Apakah makanan tertentu atau aktivitas fisik bisa mengurangi risiko ini masih menjadi bahan perdebatan, tetapi faktor yang berkontribusi terhadap penyakit ini menjadi jauh lebih jelas.

Salah satu resiko yang meningkatkan Alzheimer adalah kurangnya keterlibatan sosial. Para peneliti di Rush University Medical Center di Chicago melakukan studi yang menunjukkan bahwa individu kesepian kemungkinan mengembangkan penyakit Alzheimer sebanyak dua kali lipat.

Aktivitas fisik

Salah satu studi mengatakan bawah orang dewasa yang kesepian kurang menjadi aktif secara fisik dan pada resiko lebih besar untuk transisi dari aktif menjadi tidak aktif.(TT/int)

0 comments:

Post a Comment