21.9.16

PLTMH Aek Silang II Mulai Dibangun, Kapasitas 2x5 MW


TobaTimes, Humbahas - Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Aek Silang II oleh PT Bakara Energi Lestari dan China Yu Zhou Tian Yuan Group di Sigala-gala Londut, Desa Marbun Tonga Dolok, Kecamatan Baktiraja, Humbahas, resmi dimulai dengan peletakan batu pertama, Selasa (20/9). PLTMH ini nantinya akan memproduksi listrik sebesar 2 x 5 mega watt (MW).


Ilustrasi.
Selain untuk mendukung energy yang bersih, pembangunan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Humbahas, khususnya masyarakat sekitar.

Direncanakan, energi listrik yang dihasilkan selain dijual ke PT PLN sebagian lagi akan diberikan untuk masyarakat sekitar. Selain sebagai penghasil energi listrik, PLTMH ini akan dijadikan pula sebagai fasilitas konsep wisata di kawasan Danau Toba Bakkara.

Pihak PT Bakara Energi Lestari selaku penambang menyampaikan apresiasi serta terima kasih terhadap pemerintah dan masyarakat sekitar yang sangat mendukung pembangunan PLTMH tersebut.

Wakil Bupati Humbahas Saut P Simamora dalam kesempatan itu hanya berpesan agar apa yang dilakukan itu dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Dia juga mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada pihak investor  yang punya keinginan untuk berinvestasi di Humbahas ini.

“Kami atas nama pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kehadiran investor untuk menanamkan investasinya di Kecamatan Baktiraja ini. Rencana pembangunan PLTMH Aek Silang II ini merupakan sinkronisasi rencana program pembangunan Pemkab Humbahas untuk mewujudkan Humbahas yang hebat dan bermentaslitas unggul, yang pada misi kedua disebutkan untuk meningkatkan kualitas SDM dan Sumber Daya Alam,” ujarnya.

Diharapkan dalam pembangunan PLTM Aek Silang II ini kiranya dapat melibatkan sumber daya manusia yang ada di sekitar lokasi pembangunan baik yang ada di Bona Pasogit maupun yang ada di perantauan.

“Dan, kepada semua pihak yang terlibat dalam proyek ini agar serius mendukung terwujudnya PLTMH Aek Silan II ini,” tandasnya.
Sementara itu, Mr Gua Jianzhao Komisaris Utama China Yu Zhou Tian Yuan Group menyampaikan, pihaknya bersama PT Bakara Energi Lestari telah berhasil berhasil melakukan peletakan batu pertama pada pembangunan PLTM Aek Silang II yang sudah berproses kurang lebih 3 tahun.

“Kami dari Tian Yuan Group sangat berharap mulai dari proyek ini akan membangun perjalanan berinvestasi ditanah yang subur ini, setelah proyek PLTA Aek Silang II ini selesai dibangun akan menjadi awal dari kerjasama yang baik bagi semua masyarakat dan juga akan memberikan kesempatan yang baik kepada masyarakat lokal serta akan mendorong kemakmuran dan pembangunan ekonomi regional setempat,” terangnya.

Dia juga berjanji bahwa pihaknya akan benar benar mengutamakan kualitas konstruksi manajemen  ilmiah, keunggulan mempercepat pemyelesaian proyek ini dengan kualitas yang terbaik.

“Nanti dalam proses mengerjakan kostruksi ini kita akan mengadapai berbagai kendala kesulitan yang tidak terduga dan kami berharap kepemimpinan di semua tingkat atau bagian untuk selalu mendukung dan saling membantu pembangunan substansial untuk bersama-sama memecahkan semua masalah yang mungkin terjadi,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Mr Quo Direktur Utama Anhe Sichuan Hydraulic and Hydrroelectric Engineering Co, Ltd, dalam sambutannya juga mengatakan, merasa terhormat hadir di Indonesia dalam membangun PLTM Aek Silang II.

“Kami adalah sebuah perusahaan proyek PLTA profesional sebagai kontraktor umum tenaga air, desain dan konstruksi. Kurang lebih selama 20 tahun sudah ada 60 unit stasiun pembangkit Listrik Tenaga Air, sehingga kami yakin bahwa penyelesaian tugas proyek pembangunan  PLTA Aek Silang II ini dapat berhasil dan berjalan dengan baik,” terangnya.

Dia menambahkan, anggaran biaya yang diperkirakan dalam pembangunan PLTN Aek Silang II dengan target berkapasitas 2x 5 MV ini kurang lebih Rp300 miliar.

“Kita akan tetap mematuhi peraturan konstruksi norma etika dan peraturan dengan itikad baik, manajemen merek kelas rekayasa. Untuk tujuan tersebut kami akan  memastikan proeyek PLTM Aek Silang II berjalan mulus dan tepat waktu, kami selalu mengharapkan dukungan dan pengawasan dari para pemimpin, teman-teman dan otoritas terkait serta bimbingan dalam menyelesaikan proyek ini,” paparnya.

Salah satu warga Baktiraja, menyambut baik keberadaan PLTMH di wilayahnya. Dia mengaku senang dengan dibangunnnya PLTMH tersebut dan mengharapkan dampak yang baik bagi warga sekitar.

“Mudah-mudahan kami warga sekitar juga ikut merasakan manfaatnya,” ujar warga yang mengaku bermarga Marbun itu. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment