18.9.16

Mantan Wakil Walikota Siantar Meninggal Dunia


TobaTimes-Berita duka bagi warga Kota Siantar. Mantan Wakil Wali Kota Drs H Imal Raya Harahap meninggal dunia, Sabtu (17/9) sekira pukul 17.00 WIB. Di mata keluarga, Imal merupakan sosok pelindung dan pengayom.
Imal Raya Harahap (tengah).
Sebelum tutup usia, suami dari Anggota DPRD Hj Frida Riani br Damanik ini sempat menjalani perawatan akibat sakit kelenjar getah bening di tenggorakannya. Penyakit itu sudah diderita Imal selama kurang lebih 8 bulan. “Almarhum merupakan ayah dari empat anak.

Ia wafat di usia 66 tahun di Rumah Sakit Murni Teguh Medan,” ungkap adik iparnya, Elis Br Damanik yang ditemui di rumah duka, Jalan Sisingamangaraja No 99, Kelurahan Bukit Sofa, Siantar Sitalasari, tadi malam.

Menurut Elis, Mantan Wakil Wali Kota Pematangsiantar periode 2005-2010 yang mendampingi Wali Kota Ir RE Siahaan ini meninggalkan seorang istri, dua anak laki-laki, dua anak perempuan, serta 11 cucu.

"Sebelum dirujuk ke RSU Murni Teguh Medan, mantan anggota DPRD Siantar periode 2005 yang diusung Partai Golkar ini, telah dibawa berobat selama sebulan ke Penang," ungkap Elis sembari menghapus air mata di pipinya.

Rencananya, Mantan Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Siantar periode 2006-2011 ini akan dimakamkan di pemakaman muslim Jalan Pane, Minggu (18/9)," ungkapnya sambil terisak dan menyatakan penyesalannya karena belum sempat melihat almarhum di rumah sakit.

"Sebelum almarhum meninggal, saya dan keluarga sebenarnya ingin ke medan untuk menjenguk, namun gak kesampaian. Almarhum merupakan sosok pengganti ayah bagi kami adik-adiknya. Walaupun almarhum adalah abang ipar, tapi ia sosok yang melindungi, mengayomi kami seperti ayah sendiri. Almarhum orangnya tidak banyak omong, tapi banyak berbuat," ujarnya sambil menyeka air mata dengan sapu tangan yang ada di tangannya.

Dikatakan, mereka adik-adik dan keluarganya merasa sangat kehilangan. “Almarhum ini merupakan pemberi nasehat kepada kami. Almarhum tidak ada jarak kepada adik-adiknya. Walaupun kami berbeda agama, almarhum tetap mengayomi dan melindungi kami adik-adiknya," imbuhnya.

Amatan di rumah duka, sejak Sabtu malam, tampak teratak telah dipasang di depan rumah duka. Sanak keluarga almarhum terlihat sudah ramai berkumpul untuk menyambut kedatangan jenazah dari Medan.

Sekira pukul 01.00 WIB dinihari tadi, anak almarhum Sorimuda Harahap alias Ucok, istri dan anaknya tiba terlebih dulu di rumah duka. Kedatangan Ucok sempat disambut tangis oleh keluarga. Begitu sampai di sana, Ucok langsung menangis  memeluk satu per satu keluarga sambil masuk ke dalam rumah dan mencari oppungnya.

Selanjutnya sekira pukul 01.15 WIB, mobil ambulan yang membawa jenazah almarhum tiba. Tangis pun pecah seiring dibawanya jenazah ke rumah duka.

Seperti diketahui, sebelumnya dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Siantar tahun 2015 lalu, Imal Raya sempat maju menjadi Bakal Calon (Balon) Wakil Wali Kota berpasangan dengan Suryani Siahaan dari jalur independen (perseorangan). Namun akhirnya pasangan ini tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai pasangan calon (paslon). (TT/int)

0 comments:

Post a Comment