19.9.16

Fakultas Hukum UNA Luncurkan Baliho dan Rencana Kerja

TobaTimes-Ketua Yayasan Universitas Asahan Kisaran Ir H Syarifullah Harahap MSi yang diwakili Ir Lokot Ridwan Batubara meresmikan baliho dan Rencana Kegiatan Tahunan Fakultas Hukum Universitas Asahan, Kamis (15/9).


Kegiatan ini digelar di depan Kantor Fakultas Hukum Universitas Asahan. Acara ini juga dihadiri Rektor Universitas Asahan Ir Ramlan Tambunan MSc, serta Dekan Fakultas Hukum Universitas Asahan Abdul Rahman SH MH.

Ir Ramlan Tambunan MSc dalam sambutannya mengatakan, tantangan terberat pendidikan tinggi hukum adalah melahirkan sarjana hukum yang memiliki dua kualitas berbeda secara bersamaan, di satu sisi pendidikan tinggi hukum dituntut melahirkan ilmuan yang menguasai ilmu hukum dengan segala dimensinya dan mampu melakukan transfer knowledge.

Dikatakannya lagi, di sisi lain pendidikan tinggi hukum juga dituntut melahirkan sarjana hukum yang mampu menjawab dan menyelesaikan persoalan hukum yang muncul seiring dengan semakin tingginya tingkat kompleksitas masalah dalam masyarakat yang sedang berkembang, tantangan tersebut semakin terasa berat jika dibawa ke level yang lebih komplek.

“Saat ini Indonesia berada dalam pusaran perkembangan politik, ekonomi dan budaya dunia, khusus di bidang ekonomi, Indonesia sudah masuk dalam era perdagangan bebas ASEAN (MEA), dalam posisi seperti ini, tingkat kerumitan masalah yang akan muncul tentu semakin tinggi, sehingga tuntutan untuk melahirkan sarjana hukum berkualitas tinggi tidak dapat dibendung,” bebernya.

Lebih lanjut dikatakannya, jika hendak bertahan di tengah persaingan yang terbentang di depan mata, menjawab tantangan tersebut menjadi sebuah kewajiban sebagai bagian dari komponen bangsa Indonesia yang fokus pada dunia pendidikan, Fakultas Hukum Univesitas Asahan sebagai salah satu fakultas hukum yang mulai berkembang dan baru mendapatkan akreditas “B” bertekad untuk menyelesaikan tantangan tersebut, dalam hal ini Fakultas Hukum tidak saja hendak menjawab tantangan di dalam negeri yang sudah begitu komplek, melainkan juga ingin terlibat dalam memenuhi tantangan di level yang lebih luas dengan skala regional.

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Universitas Asahan Abdul Rahman SH MH mengatakan, untuk mewujudkan visi, Fakultas Hukum Universitas Asahan sudah merancang misi yang mesti dilaksanakan, secara lebih konkrit visi dan misi tersebut diturutkan ke dalam Rencana Kegiatan Tahunan Fakultas Hukum Universitas Asahan, dimana untuk menjalankannya diperlukan program-program kerja yang terukur, baik dari segi proses maupun capaian hasil yang dicita-citakan.

Sehubungan dengan itu, Rencana Kegiatan Tahunan Fakultas Hukum Universitas Asahan ini merupakan bagian dari tawaran yang akan dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi Fakultas Hukum Universitas Asahan jika kelak dipercaya oleh segenap civitas akademika, dalam arti tawaran program kerja ini merupakan gambaran tentang arah dan pengembangan fakultas yang kita cintai ini.

Rencana Kegiatan Tahunan Fakultas Hukum Universitas Asahan ini disusun sebagai berikut, Visi Universitas Asahan ‘Menjadi Universitas yang unggul, inovatif dan berdaya saing tinggi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia tahun 2025’. Misi Universitas Asahan “Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, menyelenggarakan  penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berdaya saing tinggi untuk menunjang pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan, menghasilkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang bermutu dan berkelanjutan, menyebarluaskan hasil penelitian yang dapat menjadi referensi pengembangan ilmu pengetahuan, menghasilkan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders), menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan’. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment