19.9.16

Kota Tarutung Diguncang Gempa, Warga Berhamburan

Ilustrasi.
TobaTimes-Kota Tarutung, Tapanuli Utara (Taput) dilanda gempa tektonik yang diperkirakan berkekuatan 4,3 Skala Richter, Senin (19/9) pagi pukul 09.45 WIB dan disusul kembali sekira 10.17.

Goyangan gempa sangat terasa mengguncang ibukota Taput itu, dan menyebabkan warga berhamburan dari rumah-rumah maupun areal perkantoran.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah) Kabupaten Tapanuli Utara Sihombing mengatakan, info gempa berada pada Mag:4,3 SR, 19-Sep-16, 09:43:06 WIB, Lokasi 2.02 LU-98.98BT di darat, 2 kilo meter laut Tarutung

Dikatakan juga, pusat gempa berada pada kedalaman 10 km dan dirasakan kuat Tarutung.

"Kita sudah koordinasi dengan Bumi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Parapat. Mereka mengatakan, gempa yang terjadi senin di Sumatera Utara dan Tarutung masuk kategori gempa laut dangkal," katanya.

Dia menjelaskan, sesuai data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Taput SDV, getaran gempa hanya dirasakan di Tarutung.

"Daerah Pahae Julu dan Kecamatan Pahae Jae sudah kita hubungi para camatnya, di sana tidak ada gempa. Dan gempa ini tidak berpontensi gempa," katanya.

Dia meminta kepada warga agar tetap waspada terhadap kemungkinan adanya gempa susulan. "Jika gempa datang, segera keluar rumah menyelamatkan diri dan jangan fokus kepada harta benda," ujarnya.

Berdasarkan pantauan wartawan, akibat guncangan gempa tersebut, warga yang berada di rumah dan kantor-kantor di Kota Tarutung sempat berhamburan keluar. Guncangan gempa tidak menyebabkan korban dan kerusakan fisik infrastruktur. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment