21.9.16

Pembangunan Jalan di Haranggaol Resmi Dibuka

TobaTimes, Simalungun - Bupati Simalungun JR Saragih secara resmi membuka program TNI Manunggal Mammbangun Desa (TMMD) ke-97 tahun 2016 Kodim 0207/Simalungun di Nagori Purba, Kecamatan Haranggaol Horison, Selasa (20/9). Pembukaan ditandai dengan upacara nasional yang dipimpin Bupati JR Saragih di halaman kantor Camat Haranggaol Horisan.

Danrem 022 PT Kolonel Inf Gabriel Lema SSos melakukan penanaman pohon pada pembukaan TMMD.
Hadir dalam upacara itu Danrem 022 Pantai Timur Kolonel Inf Gabriel Lema, Danrindam I BB Kolonel Inf I Wayan Suarjana, Forkopimda Simalungun, para kepala SKPD, Uspika dan ratusan personel Kodim 0207/ Simalungun.

Pembukaan ditandai penandatanganan naskah program TMMD dan pemberian sarana kerja kepada prajurit TNI dan mahasiswa.

JR Saragih dalam upacara itu menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan TMMD, karena hal itu merupakan hasil karya nyata TNI di tengah-tangah masyarakat di Kabupaten Simalungun, khususnya di Kecamatan Haranggaol Horisan. Apalagi, program TMMD ini sangat membantu Simalungun dalam rangka percepatan pembangunan.

"Adanya TMMD ini membuat Haranggaol tidak terisolir. Karena jalan lingkar sudah dibuka, maka warga bisa melintas dari Haranggaol menuju Karo, bahkan ke Medan," ujarnya sembari mengatakan, melalui TMMD ini diharapkan perputaran perekonomian masyarakat berubah ke arah yang lebih baik.

Pada kesempatan itu, ia juga mengajak TNI dan Polri bersama-sama memerangi narkoba, agar tidak sampai ke anak-cucu yang bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan generasi masa depan. "Itulah salah satunya, maka dilakukannya kegiatan TMMD ini. Antara lain bertujuan agar daerah ini terbuka dan membuat warga bisa berkarya, sehingga bebas dari bahaya narkoba," tuturnya seraya mengatakan, dengan adanya TMMD ini diharapkan kunjungan wisatawan ke Haranggaol semakin meningkat karena jalannya sudah terbuka.

Usai membuka TMMD, bupati bersama Danrem Kolonel Inf Gabriel Lema, Danrindam Kolonel Inf I Wayan Suarjana, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Oni Kristiyono Goendong SH, Kapolres Simalungun AKBP Yofie Girianto Putro SIK dan sejumlah pimpinan SKPD di jajaran Pemkab Simalungun, serta rombongan lainnya, meninjau kegiatan TMMD tersebut. Namun sebelumnya juga dilakukan penanam pohon di wilayah Haranggaol.

Sementara itu Kasiter Korem 022/PT Letkol Inf Joko Supariyanto mengatakan, program TMMD ke-97 ini akan dilaksanakan selama sebulan, mulai 20 September hingga 19 Oktober 2016. Kegiatan melibatkan TNI (AD, AL, AU), Polri, Pemkab Simalungun dan masyarakat.

Sasaran TMMD di Haranggaol, yaitu pembukaan badan jalan sepanjang 10,3 kilometer dengan lebar 12 meter, pembuatan jembatan sebanyak 2 titik, pembuatan gorong-gorong plat beton sebanyak 15 titik, pembuatan tembok penahan sepanjang 55 meter dan galian drainase sepanjang 4.688 meter.

Sedangkan sasaran non fisik, yaitu penyuluhan KB kesehatan, penyuluhan kerukunan antar umat beragama, bahaya narkoba yang bekerjasama dengan BNN, hokum dan disiplin berlalulintas yang bekerjasama dengan Polres Simalungun, pertanian dan perkebunan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Simalungun, serta penyuluhan wawasan kebangsaan.

Sebelumnya pada pelaksanaan kegiatan pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 beberapa waktu lalu disebutkan, kegiatan fisik dengan mobilisasi di lokasi sasaran TMMD sudah mencapai 75 persen. Dimana pembukaan badan jalan dengan target panjang10,3 kilometer dan lebar 12 meter sudah mencapai 64,56 persen. Kemudian pembangunan jembatan sudah mencapai 15 persen, pembangunan gorong gorong 15 buah, pembuatan tembok penahanan 55 meter dan untuk penggalian parit drainase 4.688 meter.

Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Oni Kristiyono Goendong SH mengungkapkan, pada pelaksanaan itu, TNI bersama rakyat mengerjakan pembuatan jalan dalam tiga tahap. Untuk tahap pra TMMD itu, dilalukan pengerjaan pembukaan badan jalan dan pembangunan gorong-gorong dengan proses pengecoran.

Lanjut Dandim, anggota TNI selalu siap berkat bantuan masyarakat. “Kami optimis ini bisa selesai tepat pada waktunya. Sehingga masyarakat yang ada di sana bisa menikmati jalan yang selama ini memang diinginkan. Kemudian akses warga untuk beraktifitas sehari-hari bisa berjalan normal,” katanya.

Dijelaskan, selain pembangunan infrastruktur, pihaknya juga membuka lahan Hanpang Padi Gogo dengan seluas 500 Ha yang terletak di Nagori Dolok Mariah, Kecamatan Dolok Silau, Simalungun. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment