31.8.16

Palas Kembali Diselimuti Kabut Asap

TobaTimes-Dua hari terakhir, kabut asap mulai mengepung Kabupaten Palas. Bahkan, baunya sudah terasa saat masuk ke hidung, ditambah jarak pandang mulai berkurang. Kabut asap muncul pertama kali, Minggu (28/8) pagi. Pagi itu, jarak pandang sudah berkurang jauh, meski masih belum terhalang seperti pada kabut asap sebelumnya.

Kabut asap terlihat mulai muncul di Palas.
Paling parah, terasa di daerah perbatasan Riau, khususnya Kecamatan Hutaraja Tinggi dan Kecamatan Sosa. Begitu mengarah ke Sibuhuan, ibu kota Kabupaten Padang Lawas, kabut asap mulai berkurang.

"Asapnya sudah mulai ada ya. Takutnya berbulan-bulan pula seperti tahun lalu," kata Khoirul, warga Pinarik yang kebetulan melintas di Pasar Ujungbatu, kemarin.

Dikisahkannya, tahun lalu, asap yang cukup lama menyelimuti Kabupaten Padang Lawas cukup berdampak pada berbagai hal. Bahkan, pertanian warga sempat ada yang gagal panen.

Tak hanya itu, buah-buahan yang sudah memberi harapan bagi pemiliknya karena terlihat banyak waktu muda, ternyata gagal panen. Hal itu diduga karena asap yang menyelimuti daerah ini.

"Waktu itu pohon durian kami berbuah lebat, tapi buahnya masih kecil-kecil. Ada sampai ribuan saat itu. Tetapi berjatuhan begitu saja, tak bisa dimakan, mungkin karena asap saat itu. Soalnya, asapnya sempat tebal dan lama," kata Khoirul.

Dia berharap, bencana seperti itu tidak terulang lagi. Apalagi sampai harus ada pertanian warga yang gagal panen akibat cuaca yang tidak bagus seperti itu.

Hingga kemarin, asap yang terlihat mengotori udara Palas memang masih tipis. Belum separah tahun-tahun sebelumnya.

Hingga Senin (29/8), belum diketahui dari mana asal asap tersebut. Apakah akibat pembakaran hutan yang juga sebelumnya banyak titik di Kabupaten Padang Lawas, atau asap kiriman dari Provinsi Riau. Sebab, Kabupaten Palas merupakan daerah yang langsung berbatasan dengan Provinsi Riau.

Hanya saja, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Medan belum memberikan informasi seputar asap yang mulai muncul di Palas, apakah, asap ini sudah terdeteksi atau belum. (int)

0 comments:

Post a Comment