1.9.16

Pelabuhan Kuala Tanjung Ditarget Beroperasi April 2017


TobaTimes-Saat ini progress pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung Batubara sudah 56 persen. Capaian ini sesuai harapan dan PT Pelindo I optimis pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung selesai sesuai target dan bisa beroperasi April 2017.

Pelabuhan Kuala Tanjung
Demikian disampaikan General Manager (GM) PT Pelindo I Cabang Kuala Tanjung Agust Deritanto, di sela-sela kunjungannya ke Desa Pematang Nibung, Kecamatan Medang Deras, Batubara, dalam rangka bedah rumah veteran, Rabu (31/8). Agust menjelaskan, capaian 56 persen progress pembangunan itu mencakup pekerjaan fisik konstruksi jembatan trestle dan dermaga.

Atas pencapaian itu, pihak PT Pelindo I Cabang Kuala Tanjung tetap meyakini bahwa pelabuhan Kuala Tanjung akan dapat dioperasikan pada bulan April 2017. Tapi fisik pelabuhan sudah akan selesai di bulan Januari 2017.

Mengenai aktivitas penimbunan, masih kata Agust, sampai sekarang masih dan akan berlanjut hingga Oktober dan atau November 2016.

Mengenai pendanaan, Agust menerangkan bahwa dana proyek pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung ini bersumber dari dalam negeri, yakni dari tiga bank BUMN; Bank Mandiri, BNI dan BRI. Kemudian pelaksana kegiatan dan konsultannya juga sumber daya manusia dari dalam negeri. “Jadi murni dari dalam negeri,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Agust kembali mengungkapkan kelebihan yang dimiliki Pelabuhan Kuala Tanjung jika dibanding dengan pelabuhan lain di sekitarnya. Ia menyebutkan bahwa Pelabuhan Kuala Tanjung lebih dalam sehingga bisa menampung kapal berukuran lebih besar dan lokasinya juga strategis karena berada di daerah Selat Malaka, tempat perlintasan kapal-kapal dari Barat maupun ke Timur. (int)

0 comments:

Post a Comment