31.8.16

Kualuh Leidong Kecamatan Unggulan di Labura

TobaTimes-Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah SE menyampaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam pembukaan Jambore Teknologi Tepat Guna (TTG). Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi, Selasa (30/8) di Lapangan Sepakbola Aekkota Batu, Kecamatan Na IX-X.

Gubsu T Erry Nuradi bersama Bupati Labura H Kharuddin Syah SE di lokasi Jambore TTG.
Dalam bagian pidatonya tersebut yang juga merupakan aspirasi masyarakat, Kharuddin Syah mengatakan, di Pesisir Labuhanbatu Utara ada Kecamatan Kualuh Leidong yang potensi alamnya sangat melimpah. Hasil produksi pertanian, seperti beras, kelapa sawit dan berbagai jenis ikan laut, kerang, kepiting dan lainnya komoditas yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Akses ke sana bisa ditempuh dengan jalur laut dari Tanjungbalai dan akses darat dari Simpang Tanjung Pasir lebih kurang 65 kilo meter. Permasalahan selama ini produksi dan hasil laut masyarakat lebih banyak mengalir ke Kabupaten Asahan dan Tanjungbalai.

Hal itu disebakan jalan ruas Simpang Tanjung Pasir sampai ke Kualuh Leidong belum bisa dimanfaatkan secara maksimal.

"Kami telah berupaya melalui APBD Labuhanbatu Utara yang masih terbatas. Bahu jaan tersebut dengan cor beton sepanjang 12 kilo meter namun belum mampu mempercepat pertumbuhan perkonomian karena transportasi yang belum lancar. Oleh karena itu, kami mohon kepada Bapak Gubernur untuk meningkatkan status jalan kabupaten tersebut  menjadi jalan provinsi. Pada kesempatan pertama kami telah mengajukan proposal ke provinsi, menjemput aspirasi anggota DPRD Sumatera Utara dan melalui kegiatan reses anggota DPRD Labuhanbatu Utara," ujar Bupati.

Selain itu, Bupati juga meminta bantuan keuangan provinsi untuk pembangunan RSUD Labuhanbatu Utara yang sekarang sudah dimulai.

"Pembangunan rumah sakit telah dimulai secara bertahap dengan kondisi pembangunan sekarang sudah lima puluh persen. Dengan beroperasinya rumah sakit ini masyarakat tidak lagi jauh-jauh berobat ke luar negeri atau ke tempat lain. Untuk itu kami mohon bantuan keuangan Provinsi Sumatera Utara," harap Bupati. (int)

0 comments:

Post a Comment