14.9.16

Tobasa Juara Lomba Masak Naniarsik dan Naniura

Ikan Naniarsik.
TobaTimes-Salah satu even yang digelar pada perhelatan Festival Danau Toba (FDT) 2016 di Muara, Tapanuli Utara (Taput), adalah lomba kuliner masakan tradisional Batak. Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) berhasil meraih prestasi pada even itu.

Stan pameran milik Pemkab Tobasa di FDT 2016 di Muara menyajikan berbagai makanan kas seperti pepes ikan, naniarsik, naniura dan beragam kerupuk rasa andaliman. Selain makanan, Tobasa jug disuguhkan juga berbagai suvenir hasil kerajinan tangan masyarakat Tobasa.

"Kita (Tobasa, red) berhasil meraih juara I lomba pepes ikan, juara II lomba masak naniarsik, dan juara III lomba masak naniura," ujar P Pasaribu, salah seorang pengurus stand dari PKK Kabupaten Toba Samosir.

Dia mengatakan, pada lomba Ucok dan Butet FDT, Tobasa juga meraih juara III untuk kategori Ucok, dan juara III untuk lomba paduan suara.

Selama pameran, katanya, stan Pemkab Tobasa banyak diminati pengunjung untuk menikmati kuliner dan berbelanja suvenir. "Banyak yang minta sirat pengikat kepala. Pengunjung juga ingin belanja kain bermotif ulos, batik gorga toba yang terbuat dari bahan sutra, juga miniatur
hasil karya siswa-siswi SMK N 1 Laguboti," katanya.

Seperti diketahui, FDT digelar setiap tahun, tidak hanya terpusat di satu Kabupaten, melainkan digilir di kabupaten lain sekawasan Danau Toba. FDT tahun 2015 dipusatkan di Kabupaten Tobasa.

Dalam setiap pegelaran FDT, para pengunjung dapat melihat langsung stan pameran yang ditawarkan seluruh kabupaten se-kawasan Danau Toba, baik hasil bumi, kerajinan tangan, dan berbagai macam kuliner dapat dicicipi langsung pada stan. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment