17.9.16

Tingkatkan Mutu, Pemkab Labura Teken MoU Dengan IPB


TobaTimes-Pemkab Labuhanbatu Utara menjalin kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang ditandai dengan penandatanganan MoU di ruang kerja Rektor IPB, Jumat (16/9).

Bupati Labura Kharuddin Syah dan Rektor IPB.
Sebelumnya Pemkab Labura melakukan kerjasama dengan tiga perguruan tinggi negeri di Sumatera Utara yaitu Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

“Pemkab Labura melakukan kerja sama MoU dengan IPB untuk mewujudkan generasi emas dari Labura untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta menambah SDM masyarakat Labura,” ujar Kabag Humas Muhammad Ikhsan SSTP MAP.

Penanda tanganan MoU dengan IPB langsung dilakukan Bupati Labuhanbatu Utara H Kharuddin Syah SE didampingi asisten pemerinthan H Habibbudin Siregar SSTP MAP, Kabag Humas Muhammad Ikhsan SSTP MAP dan Kabag Sosial Mamen Sampurna MA. Kunjungan Bupati Labura disambut langsung oleh rektor IPB Prof DR Ir Herry Suhardiyanto Msc dan beberapa civitas akademika IPB.

Dalam kesempatan tersebut H Kharuddin Syah mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak IPB yang telah bersedia bekerjasama dengan Pemkab Labura. Tujuan kerjasama ini adalah upaya meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dimana setiap tahunnya Pemkab Labura akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal Labura yang lolos seleksi melalui jalur mahasiswa utusan daerah.

H Kharuddin Syah juga menyampaikan bahwa Kabupaten Labura merupakan daerah pertanian dan perkebunan. “Masyarakat kami mayoritas bekerja sebagai petani, pada tahun 1970an Kabupaten Labura yang pada saat itu masih bergabung dengan Kabupaten Labuhanbatu pernah menjadi lumbung padi di propinsi Sumatera Utara. Tetapi pada saat ini jumlah produksi petani terus menurun sehingga banyak lahan pertanian padi beralih fungsi menjadi perkebunan sawit, saya memiliki mimpi ingin mengembalikan kejayaan Kabupaten Labura sebagai lumbung padinya Sumatera Utara. Saya memohon bapak rektor IPB dapat membantu saya mewujudkan mimpi saya tersebut,” ujar H Kharuddin Syah.

Sementara itu Rektor IPB Prof Herry berjanji akan membantu Pemkab Labura dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia.

“Jika Pemkab Labura memiliki semangat yang luar biasa dalam peningkatan pendidikan maka kami sebagai lembaga pendidik harus lebih semangat lagi membantu Pemkab Labura. Untuk mimpi bupati tadi pihak IPB dengan senang hati akan membantu mewujudkan Labura menjadi lumbung padi bagi propinsi Sumatera Utara. Dalam waktu dekat akan kita kirim tim ke Labura untuk melakukan survey sehingga nantinya kami dapat memberikan rekomendasi kepada bupati,” ucap rektor.

Di akhir pertemuan, rektor membawa rombongan bupati berkeliling di kampus IPB dan melihat beberapa hasil inovasi dari IPB itu. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment