17.9.16

Besok, Ephorus dan Sekjend HKBP Dilantik


TobaTimes-Pdt David Farel Sibuea terpilih menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjend) HKBP periode 2016-2020 dengan perolehan suara 770. Sedangkan pesaingnya, Pdt Maulinus Siregar meraih 740 suara dan yang batal sebanyak 12 suara.
Ephorus terpilih Pdt Darwin Lumbantobing.
Sebelumnya, pada Sinode Godang HKBP ke-63 dengan agenda pemilihan sekjend yang berlangsung di Seminarium Sipoholon, Tapanuli Utara (Taput), Jumat (16/9) malam, ada enam calon  terpilih yang sudah dipanggil panitia setelah hasil putaran pertama, yaitu Pdt David Sibuea, Pdt Maulinus Siregar, Pdt Daniel Harahap, Pdt Martonggo Sitinjak, Pdt Frins Sihombing dan Pdt Midian Sirait. Namun keempat Pendeta tersebut mundur, sehingga Pdt David Sibua dan Pdt Maulinus yang maju pada pemilihan Sekjend.

Memang, terpilihnya Pdt David Sibuea jadi kejutan dalam Sinode Godang HKBP karena dia adalah calon Ephorus. Di putaran pertama pemilihan Ephorus, Pdt David Sibuea masuk dalam tiga besar, namun ia mengundurkan diri di putaran kedua.

Sekretaris Umum Panita Sinode Godang HKBP Pdt Nekson Simanjuntak yang ditanya terkait hal ini mengatakan bahwa tidak ada tata tertib yang melarang calon Ephorus mendaftar sebagai calon Sekjen.

"Puji Tuhan, Sekretaris Jenderal HKBP terpilih adalah Pdt David Farel Sibuea menggantikan Pdt Mori Sihombing. Pdt David mendapatkan 770 suara, mengalahkan Pdt Maulinus Siregar dengan 744 suara. Tidak ada tata tertib yang melarang pencalonan Pdt David Farel Sibuea sebagai Sekjend," sebut Nekson Simanjuntak.

Besok Dilantik

Semua pihak menyatakan syukur atas suksesnya Sinode Godang agenda pemilihan Ephorus dan Sekjend HKBP periode 2016-2020. Dan, selanjutnya akan dilaksanakan pelantikan yang dijadwalkan berlangsung Minggu (18/9) di di Kompleks Seminarium Sipoholon.

“Sinode Godang telah memilih Pdt Dr Darwin Lumbantobing sebagai Ephorus HKBP 2016-2020. Saya ucapkan selamat. Semoga Allah memberkati beliau dan HKBP,” ujar salah seorang pendeta, Pdt Daniel Taruliasi Harahap.

Setelah Sinode Godang selesai dilaksanakan, maka akan dilanjutkan dengan pelantikan pimpinan HKBP terpilih yang direncanakan pada Minggu, 18 September di HKBP Pearaja, Tarutung.

sementara, pelantikan pharaeses, sesuai dengan Juklak Aturan dan Peraturan HKBP Setelah Amandemen II, akan ditentukan paling lambat 2 minggu setelah serah terima dari Pimpinan HKBP periode 2012-2016 kepada Pimpinan HKBP Periode 2016-2020 di suatu ibadah minggu. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment