13.9.16

Effendi Simbolon: Pendeta Jangan seperti Politisi, Setengah Begu

TobaTimes-Ada yang menarik pada pembukaan Sinode Godang Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) ke-63 di Gedung Seminarium HKBP Sipoholon, Taput. Anggota DPR RI Effendi Simbolon yang didaulat memberi kata sambutan, berharap agar pemilihan pimpinan di HKBP tidak seperti partai dan politisi.
Effendi Simbolon
"Kita berharap organisasinya, terutama dalam memilih pimpinan, tidak seperti partai. Politisi itu setengah manusia setengah begu. Berbeda dengan pendeta setengah manusia setengah malaikat," ujar Effendi disambut tawa dan senyum hadirin.

Sinode resmi dibuka Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata, Selasa (13/9), di Gedung Simenarium HKBP Sipoholon, Tapanuli Utara (Taput). Sinode Godang bertujuan untuk memilih Pucuk Pimpinan Tertinggi gereja terbesar di Asia Tenggara.

Tampak hadir  mantan pimpinan HKBP seperti Ephorus Emiritus SAE Nababan dan Ephorus Emiritus Bonar Napitupulu. Sinode Godang dibuka pada pukul 11. 00 WIB dengan pemukulan lonceng oleh Ephorus. Namun sebelumnya dilakukan ibadah pembukaan dengan pengkhotbah Pdt Agustinus Purba Sth MA, Ketua Moderamen GBKP (Gereja Batak Karo Protestan).

Dalam khotbahnya, Pdt Agustinus Purba menegaskan HKBP harus merespon panggilanNya sebagai berkat bagi dunia, bagi Indonesia dan bagi jemaat dengan bersungguh-sungguh menjalankan Diakonia, Marturia dan Kononia.

Sementara, Bupati Taput Nikson Nababan, juga menyinggung adanya kesenjangan menjelang Sinode Godang. Ia mencontohkan, terdengar ada istilah yang dipakai dalam pemilihan kepala daerah atau pilkada seperti adanya Tim Sukses (TS) dan "togu-togu ro" atau undangan supaya datang ke pesta.

"Di pesawat sesama peserta tidak bersapaan, mungkin karena beda pilihan. Ada kesenjangan dalam sinode godang. Ke depan agar hal ini tidak terjadi, perlu ada kajian proses pemilihan pimpinan," harap Nikson Nababan.

Sementara Oppui Ephorus WTP Simarmata dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan. Sinode godang diikuti sebanyak 1491 peserta dari 1591 peserta. Tampak hadir anggota DPR RI Nurdin Tampubolon, Tri Medya Panjaitan dan Effendi MS Simbolon. Selain itu juga hadir beberapa kepala daerah yakni Bupati Taput Nikson Nababan, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Walikota Sibolga Syafri Hutauruk. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment