17.9.16

Semester I, Serapan APBD Tanjungbalai Rp331 M

 
Ilustrasi.

TobaTimes-Terhitung sejak Januari hingga September, serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Tanjungbalai 2016 pada semester pertama mencapai Rp331 miliar lebih atau 47 persen dari total APBD Tanjungbalai Rp719 miliar lebih.

Hal itu disampaikan oleh H Irwan Sakti Nasution SH, Kepala Dinas Pengelola Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Kota Tanjungbalai kepada koran ini, Jumat (16/9).

"Serapan anggaran hingga 31 Agustus 2016, masih sekitar 47 persen," katanya.

Namun Irwan Sakti Nasution mengakui bahwa serapan anggaran yang hanya sebesar 47 persen tersebut, bukan karena lemahnya kinerja aparatur pemerintah. Akan tetapi, hal itu disebabkan APBD Kota Tanjungbalai Tahun 2016 disahkan oleh DPRD pada bulan April 2016.

"Seharusnya, serapan APBD itu pada semester pertama minimal adalah sebesar 58 persen. Namun, karena APBD Kota Tanjungbalai tahun 2016 baru disahkan pada bulan April 2016, maka serapan sebesar 47 persen tersebut sudah termasuk luar biasa," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Irwan Sakti juga mengakui bahwa dari total serapan anggaran sebesar 47 persen tersebut, belanja aparatur masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan belanja publik. Namun demikian, Irwan Sakti optimis, belanja publik tersebut dalam waktu dekat ini akan dapat ditingkatkan apabila Dinas Pekerjaan Umum (PU) dapat merealisasikan seluruh kegiatannya.

"Soalnya, Dinas Pekerjaan Umum adalah pengelola anggaran terbesar, disusul Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan," imbuh Irwan Sakti Nasution.

Seperti diketahui, anggaran belanja daerah dalam APBD Kota Tanjungbalai Tahun 2016 disahkan pada posisi Rp719 miliar lebih, dengan pendapatan daerah sebesar Rp673 miliar lebih. Hal itu menyebabkan, APBD Kota Tanjungbalai Tahun 2016 disahkan pada posisi defisit anggaran sebesar Rp45 miliar lebih. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment