26.8.16

DPRD Sahkan LKPj Bupati Asahan

TobaTimes-DPRD Asahan telah mengesahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Asahan tahun anggaran 2015, dalam rapat paripurna, Kamis (25/8), di Aula Madani. Dari sebesar Rp1,407 triliun lebih total APBD tahun 2015, terdapat sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) sebesar Rp171 miliar.

Ilustrasi.
Paripurna DPRD Asahan itu dipimpin Ketua DPRD Benteng Panjaitan SH dan dihadiri Wakil Bupati Asahan H Surya BSc, Wakil Ketua DPRD Dra Hj Winarni Supraningsih MMA, Dahrun Hutagaol SE MM, Ilham Harahap SAg dan para Pimpinan SKPD Pemkab Asahan, para Camat se-Kabupaten Asahan.

Berdasarkan pantauan, sebelum mengesahkan pertanggungjawaban APBD Asahan menjadi bentuk perda, Badan Anggaran DPRD Asahan diwakili oleh Drs Mapilindo MPd sebelumnya membacakan hasil laporannya. Mapilindo merekomendasi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemkab Asahan diminta menggunakan kajian akademik dan sistem elektronik informasi.

Dikatakan, kajian akademis dimaksud adalah adanya perhitungan secara terukur oleh pihak ketiga, sehingga dalam penerimaan laporan PAD tahun  depan, sudah diketahui berapa besaran pemasukan yang dapat diperoleh, jika cara ini diterapkan maka akan lebih meningkatkan PAD berkali lipat secara terukur,” ujarnya.

Dalam paripurna yang dimulai sekitar pukul 11.30 WIB dan dihadiri 36 Anggota DPRD Asahan itu LKPj Bupati Asahan tahun anggaran 2015 akhirnya disetujui oleh seluruh fraksi untuk menjadi keputusan Perda. Pengesahan itu ditandai dengan mengetuk palu sebanyak tiga kali oleh Ketua DPRD Asahan Benteng Panjaitan SH selaku pemimpin sidang.

Sebelumnya, Wakil Bupati Asahan menyampaikan dengan disetujuinya perda laporan pertanggungjawaban tersebut, tahapan berikutnya Perda itu akan disampaikan kepada Gubernur Sumatera Utara untuk dievaluasi.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Surya mengucapkan terima kasih kepada SKPD yang telah melaksanakan program kegiatan tahun 2015.

“Bilamana sepanjang pelaksanaan penggunaan anggaran tersebut terdapat kendala dan kelemahan, saya harapkan dimasa mendatang tidak akan terulang kembali,” ujarnya.

“Mari kita sama-sama memanfaatkan program yang akan datang demi membangun Kabupaten Asahan dengan anggaran seefisien mungkin demi kemaslahatan masyarakat Asahan, agar lebih menitikberatkan pembangunan yang bersinggungan dengan masyarakat. Akhirnya, saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh SKPD dan juga DPRD Asahan,” ungkapnya. (bbs/int)

0 comments:

Post a Comment