19.11.16

Terminal Baru Bandara Silangit Belum Bisa Difungsikan


TobaTimes, Humbahas - Terminal kedatangan dan keberangkatan yang saat ini masih dalam proses pembangunan di Bandara Silangit masih dalam tahap pengerjaan dan sedang dikebut pihak rekanan pengelola proyek. Diprediksi proyek itu belum dapat difungsikan akhir tahun ini.

Bandara Silangit.
Memang awalnya pengelola bandara menargetkan terminal tersebut sudah akan bisa melayani penerbangan pada saat hari besar keagamaan pada Desember mendatang.

Kepala Bandara Silangit Hotasi Manalu kepada wartawan mengatakan, jika mengacu pada kontrak kerja, pembangunan terminal tersebut harus selesai pada Maret 2017. Namun pihak bandara sempat mengupayakan percepatan pengerjaan agar mampu melayani lonjakan penumpang yang diprediksi akan terjadi pada saat natal dan tahun baru mendatang.

“Namun karena faktor cuaca, percepatan pengerjaan itu tidak dapat dilakukan. Karena itu untuk pelayanan Desember masih tetap menggunakan terminal lama,” terangnya.

Dia juga mengatakan, secara umum tidak ada kendala pada pelaksanaan proyek senilai Rp16,5 miliar tersebut. Sedangkan metode pengerjaan dari pelaksanaan proyek tersebut tetap mengedepakan keselamatan kerja.

Disinggung soal antisipasi kemungkinan terjadi lonjakan penumpang mengingat Natal Nasional dipusatkan di Doloksanggul, Humbahas, hal itu tidak akan mempengaruhi pelayanan pihak Angkasa Pura II.

“Seluruh fasilitas pelayanan tetap dapat difungsikan di terminal lama. Hanya saja kita selaku pihak bandara akan melakukan penataan jadwal penerbangan agar tidak terjadi kepadatan penumpang di ruang keberangkatan,” paparnya.

Terkait dengan rencana penambahan penerbangan ke Silangit, Hotasi menjelaskan, sampai saat ini belum ada pihak maskapai yang mengajukan.

“Sejauh ini belum ada pengajuan penambahan penerbangan ke Silangit dari pihak maskapai. Namun demikian, kita memprediksi akan ada pengajuan sepuluh hari sebelum pelaksanaan natal,” tandasnya.

Lagi pula, apabila ada penambahan penerbangan, terminal yang ada sekarang masih tetap dapat menampung penumpang yang datang maupun yang berangkat. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment