19.11.16

Taput Peringkat 5 Lakalantas di Sumut


TobaTimes, Taput - Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) masuk peringkat lima tertinggi kasus kecelakaan dari 27 kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut). Dinas Kesehatan pun mengambil langkah dengan melakukan sosialisasi program Public Safety Center (PSC) 119.
Ilustrasi.
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Taput dr Janri Nababan saat melakukan sosialisasi PSC yang dilaksanakan di Puskesmas Siborongborong.

Menurutnya, PSC merupakan bentuk pelayanan reaksi cepat terhadap pelayanan masyarakat akan permasalahan medis, seperti kecelakaan lalu lintas, korban kebakaran, memidahkan pasien dari rumah ke fasilitas puskesmas dan RSUD Tarutung serta pusat informasi kesehatan dan pengaduan masyarakat.

Dia berharap dengan adanya sosialisasi tersebut, Puskesmas Siborongborong dapat membentuk personel PSC 119 di puskesmas yang dapat membantu mempercepat penanganan dan pertolongan pada korban yang membutuhkan di sekitar wilayah kerja Puskesmas Siborongborong.

"Sebagai contoh bila ada masyarakat mengalami kecelakaan di wilayah Siborongborong, maka tim PSC 119 yang di Puskesmas Siborongborong yang bergerak mengingat akan jarak tempuh yang lebih dekat. Namun untuk itu tim PSC 119 yang di Dinas Kesehatan tidak lepas tangan, tetap akan turun ke tempat kejadian," ujarnya.

Dia mensosialisasikan cara pengaduan yang baik dan yang benar agar si pengadu atau pemberi informasi dapat memberikan nama, kejadian apa, dan lokasi kejadian.

"Layanan 119 ini kedepannya akan teritegrasi dengan layanan kepolisian dan kebakaran. Kita berharap agar program PSC 119 ini berjalan dengan baik mengingat Taput nomor 5 tingkat kecelakaan paling tinggi di 27 kabupaten/kota di Sumut," ujarnya. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment