16.11.16

Jika Anda Sering Merasa Kesepian, Baca Ini...


TobaTimes - Banyak orang selalu merasa kesepian dalam hidupnya. Ternyata, gen juga sangat berpengaruh mengapa hal itu bisa terjadi.
Ilustrasi.
Para ilmuwan telah menemukan bahwa kesepian, suatu sifat yang terkait dengan kesehatan yang buruk dan kematian dini, sebagian ternyata diwariskan.

Menurut mereka, sekitar 37-55 persen dari kesepian ditentukan oleh genetika. Kesepian sebagian besar terkait dengan kesehatan fisik dan mental.

Untuk lebih memahami siapa yang berisiko, para peneliti di University of California San Diego melakukan penelitian asosiasi genome pertama untuk kesepian sebagai sifat seumur hidup.

Mereka menemukan bahwa risiko untuk merasa kesepian adalah sebagian besar diakibatkan karena genetika, tapi lingkungan juga memainkan peran yang lebih besar.

Studi ini juga menemukan bahwa risiko genetik untuk kesepian dikaitkan dengan neurotisisme dan gejala depresi. Bukti menyarankan hubungan antara kesepian dan skizofrenia, suatu gangguan bipolar dan gangguan depresi berat.

"Bagi dua orang yang memiliki jumlah teman-teman dekat dan keluarga yang sama, yang satu mungkin melihat struktur sosial mereka memadai sementara yang lain tidak," kata Abraham Palmer seperti dilansir India Times, Minggu (13/11/16). (TT/int)

0 comments:

Post a Comment