20.8.16

Nikson Nababan Tinjau Balai Pembibitan di Sipoholon

TobaTimes-Bupati Taput Nikson Nababan didampingi Kadis Pendidikan Jamel Panjaitan dan Kepala BP4K Sey Pasaribu dan beberapa SKPD meninjau pemanfaatan Balai Pembibitan Pertanian di Desa Pagarbatu, Kecamatan Sipoholon.

Nikson Nababan
“Saya melihat Balai Pembibitan ini sangat potensial untuk kita maksimalkan sebagai tempat percontohan dalam bidang pertanian terutama dalam pembibitan. Kita harus tunjukkan bahwa Balai Pembibitan ini memberikan acuan dan contoh bagi masyarakat bagaimana cara bertani yang benar,” ujarnya.

Nikson mengharapkan sinergitas antara Balai Pembibitan dalam hal ini BP4K, Dinas Peternakan dan Perikanan dan Juga Dinas Pendidikan dalam meningkatkan sistem pertanian di Taput. Melalui Balai Pembibitan ini, anak didik SMK Negeri 1 Sipoholon yang lokasinya berdampingan langsung dengan Balai Pembibitan dan memiliki lahan untuk dijadikan percobaan dalam bidang pertanian dan saya ingin SMK 1 ini memiliki jurusan pertanian untuk bersinergi dengan Dinas Peternakan dan Balai Pembibitan ini.

Selanjutnya, bupati menyampaikan bahwa seluruh elemen harus bersinergi untuk mewujudkan visi Taput sebagai lumbung pangan. Bibit-bibit yang dihasilkan Balai Pembibitan harus benar-benar bibit yang unggul dan dapat meningkatkan produksi pertanian masyarakat.

Semua penyuluh harus mampu memberikan sesuatu inovasi bagi masyarakat dalam bidang pertanian. Bekali semua penyuluh dengan pengetahuan yang sesuai perkembangan sektor pertanian sehingga petani mampu mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi di bidang pertanian.

“Balai Pembibitan ini harus memberikan cermin sebuah lahan percontohan yang menggugah hati masyarakat untuk lebih mencintai pertanian. Ciptakan lingkungan yang asri dan subur dan menarik bagi lingkungan. Harus ada sinergi antara anak didik SMK Pertanian dan Peternakan dengan Balai Pembibitan dan Dinas Peternakan dan Perikanan, maka akan lebih mudah mencapai apa yang kita harapkan. Kita ciptakan sistem pertanian yang menarik dan menjanjikan demi kesejahteraan masyarakat Taput,” ujar Nikson mengakhiri.(bbs/tt/int)

0 comments:

Post a Comment