16.8.16

Ratusan Warga Miskin di Palas dapat Bantuan Kube



TobaTimes-Sebanyak 52 kabupaten yang menerima bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube) dan kelompok penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), termasuk Kabupaten Palas.



Di daerah ini sendiri, seratusan warga miskin akan mendapat bantuan dari Kementerian Sosial tersebut. Bahkan, mereka yang merupakan pengurus Kelompok Usaha Bersama (Kube) dan kelompok penerima bantuan Rutilahu tersebut telah dikumpulkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Palas H Ali Sutan Harahap, Senin (15/8). 

Mereka akan menjadi penerima manfaat atau penerima bantuan yang akan disalurkan dalam waktu dekat. 

Pengumpulan itu dilakukan untuk verifikasi, khususnya terkait administrasi untuk bantuan itu. Sebab, bantuan itu pun sudah didahului permohonan dan proposal bantuan sebelumnya. 

"Itu ada lembaran yang harus diisi. Silahkan bapak-ibu isi untuk melengkapi administrasi kami di pusat," kata Naziarto SH MH, Direktur Penanganan Fakir Miskin Pedesaan Kementerian Sosial yang sengaja turun ke Palas saat itu. 

Rombongan Kemensos turun ke Palas mendampingi Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay dalam melaksanakan reses. Sebelumnya, program itu pun didapatkan warga Padang Lawas ternyata atas bantuan dari Saleh Partaonan. 

"Saya baru sekali ini datang ke Palas. Dan saya jelaskan, cuma ada 52 kabupaten di Indonesia yang dapat program ini, Palas adalah salah satunya. Sementara, jumlah kabupaten/kota di Indonesia ada 514," papar Naziarto. 

Sementara itu, Saleh Partaonan mengatakan, memang sudah tugasnya sebagai anggota DPR untuk mengunjungi dan datang kembali ke masyarakat. Itulah yang dia lakukan saat itu, untuk mendengar aspirasi di daerah pemilihannya. 

"Jadi, kalau di pusat anggota DPR itu harus berjuang untuk masyarakat di daerah pemilihannya. Namun, ia juga harus turun ke masyarakat mendengar aspirasi masyarakat," ungkapnya sembari berkelakar tak yakin semua yang datang saat itu menjatuhkan pilihan padanya ketika Pemilu Legislatif lalu. 

Saleh juga mengatakan akan terus membawa bantuan untuk daerah pemilihannya, termasuk Kabupaten Padang Lawas. Sudah beberapa jenis program yang dibawanya ke daerah ini, di antaranya bantuan untuk perbaikan Jalan Sosopan senilai Rp8,8 miliar untuk kategori penanggulangan bencana. Kemudian, Kube sendiri yang sebelumnya juga sudah ada dan renovasi rumah tidak layak huni. 

"Saya pernah turun ke satu desa. Di dalam rumah yang reot, ada satu anak SMA, satu anak kelas tiga SMP dan satu anak kelas enam SD. Rumah itu tanpa kamar dan juga tidak ada kamar mandi. Itulah potret Padang Lawas yang harus kita perhatikan," jelas Saleh. 

Tak hanya itu, atas bantuan Saleh, sebanyak 5.041 warga miskin di Kabupaten Padang Lawas juga mendapat bantuan dari Program Keluarga Harapan. Bahkan, dikatakannya, dalam waktu dekat ini, akan bertambah lagi penerima bantuan PKH sebanyak 4.000 warga miskin lagi. 

"Di daerah lain, PKH sudah ada sejak 2007, tapi di daerah kita baru ada sejak tahun 2015 akhir. Itu saya yang bawa ke sini," kata Saleh. 

Saat itu, turut hadir juga Bupati Padang Lawas H Ali Sutan Harahap dan Wakil Bupati drg Ahmad Zarnawi Pasaribu dan hampir seluruh kepala SKPD. Sementara dari Kemensos, turut juga hadir Charles Purnama, MSi selaku kasi penyaluran bantuan dan Chatib Sulaiman selaku widyaiswara utama. 

Bupati Palas saat itu mengatakan sangat berterima kasih atas kesediaan Saleh Partaonan untuk terus berjuang di pusat dan membantu warga Palas. 

"Memang, sudah banyak bantuan dibawa Pak Saleh Partaonan ke Padang Lawas. Kami sangat berterima kasih," kata bupati. 

Terkait bantuan Kube, rencananya akan diberikan uang senilai Rp20 juta untuk satu kelompok yang berjumlah sepuluh orang. Sementara, untuk rutilahu akan diberikan bantuan sebesar Rp15 juta per rumah, yang untuk tahun ini ada sebanyak 60 rumah di Kabupaten Palas. Untuk Kube sendiri, yang akan mendapat bantuan mencapai 60 Kube. (int)

0 comments:

Post a Comment