17.8.16

Persiapan Karnaval Toba Dimatangkan agar Berkesan

TobaTimes-Panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 terus bekerja mempersiapkan segala sesuatunya demi event yang akan digelar pada 20-21 Agustus mendatang itu. Kini, rute karnaval yang bakal melintasi 3,5 kilometer dari Soposurung-Simpang Sibulele, Balige, Toba Samosir terus dirapikan.


Lubang-lubang mulai ditambal dengan aspal. Saluran air atau drainasenya juga diperbaiki, parit-parit terbuka mulai ditutup dengan papan kayu, sedangkan trotoarnya dipercantik.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kunci suksesnya persiapan even pariwisata adalah komitmen kepala daerah yang seperti CEO sebuah perusahaan.  "Kalau CEO-nya berkomitmen otomatis semua faktor yang menghambat pasti akan diurus dengan cepat," katanya di Jogjakarta belum lama ini.

Untuk memperbaiki saluran air yang putus atau tertimbun material, maka panitia sengaja mendatangkan backhoe atau eskavator kecil. Saluran air dikeruk lagi agar ketika hujan datang tidak terjadi banjir ataupun genangan. Selain itu juga agar peserta karnaval dan penontonnya lebih nyaman, tidak sampai terperosok ke dalam saluran air.

Para peserta karnaval sejak pekan lalu sudah mulai berlatih dengan gerak dan tarian, silat Simalungun, jalan sambil meniup seruling, menabuh gondang, dan berbagai atraksi lain yang bakal ditampilkan pada  21 Agustus 2016 nanti. "Tampil mungkin hanya 1-2 jam, tapi latihannya sudah non-stop berhari-hari. Karena itu, jaga tanggal mainnya!" tutur Arief.

Di Balige, karnaval juga akan disemarakkan dengan konser khusus penyanyi-penyanyi top Batak. Seperti Judika Sihotang yang suaranya tinggi melengking sehingga pernah membuat para personel Michael Learns to Rock mati gaya.

Selain itu akan ada Victor Hutabarat yang sudah mengeluarkan banyak album Batak dan Melayu. Penggemar Victor adalah kalangan berusia di atas 40 - 50 tahuan.

Mereka manggung setelah selesai karnaval. "Di Balige, mereka akan tampil di Lapangan Sisingamangaraja. Yang rindu dengan nyanyian Tapanuli, di sinilah akan bernostalgia," ujar Arief.

Desain panggung dengan model rumah gorga Batak di Lapangan Sisingamangaraja pun sudah siap. Warnanya didominasi hitam, merah dan sedikit putih. Semua detailnya orisinal, blum pernah ada sebelumnya dan memang dipikirkan dengan sangat serius.

Persiapan Karnaval Kemerdekaan #PesonaDanauToba memang terlihat semakin matang di semua level. Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan hadir dan menjadi salah satu peserta karnaval di Balige 21 Agustus 2016 nanti.

Sehari sebelumnya, 20 Agustus, konser dilangsungkan di Pantai Bebas, Parapat. Para artis penyanyi kondang mulai dari Slank, Sammy Simurangkir, Opi Anderesta, Edo Kodologit dan lainnya juga bakal menggeber panggung apung di atas Danau Toba.

Arak-arakan budaya Batak  bakal menjadi tontonan yang unik. Panitia pelaksana memformat karnaval lebih serius dengan menonjolkan tiga hal, yakni gerakan, bunyi-bunyian dan warna-warna.  Semua dilihat, dipelajari dan dimainkan dengan sangat serius.

Jay Wijayanto selaku koordinator karnaval bahkan melakukan kurasi terhadap siapa-siapa yang nantinya bakal tampil di arak-arakan  itu. Jadi tidak asal tampil, tidak asal berjalan, dan tidak asal jadi saja.(jpnn.com/int)

0 comments:

Post a Comment