20.8.16

Lagi, Ratusan Bal Monza Ditangkap

TobaTimes- Kapal pengangkut ratusan bal pakaian bekas dari Malaysia diamankan Ditpol Air  Poldasu di perairan Tanjungbalai-Asahan, Rabu (17/8).

Ratusan bal Monza ditangkap
Kapal yang mengangkut ratusan ball monza ini langsung dibawa ke Belawan dan disandarkan didermaga Satpol Air Polda Sumatera Utara di Belawan .

Menurut Kasat Gakkum Ditpol Air Polda Sumatera Utara AKBP Den Martin Nasution kapal pembawa bal pres/ monza yang jumlahnya ratusan bal ini tiba di Belawan,  Jumat (19/8) malam ini .

Saat ini kapal penyeludup bal pres tersebut sedang digiring ke Pelabuhan Belawan oleh kapal patroli Dit Polair Polda yang menangkapnya. Masih keterangan Den Martin Nasution kapal tersebut datang dari Malaysia dengan tujuan ke Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai-Asahan.

Kapal penyelundup bal pres ini tidak dibawa ke Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai Asahan karena bila dibawa ke sana kapal dan muatannya tidak aman dan dipastikan kapal bersama muatannya akan dirampas oleh pemilik barang selundupan tersebut .

Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan maka kapal bersama muatan bal pres/ monja dan abk kapalnya dibawa ke Belawan.

Sementara Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) Teluk Nibung Kota Tanjungbalai Fuad Fauzi melalui Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan (Kasi P 2) M Firdaus membenarkan pihaknya telah mengamankan satu unit kapal boat pengangkut Balpres (Pakain Bekas) berasal dari Malaysia tujuan Tanjungbalai tepatnya di kawasan perairan pelabuhan, tangkahan kecil di kawasan Desa Sei Baru.

Firadaus menceritakan, saat itu anggota Bea dan Cukai melakukan patroli di laut dan melihat satu kapal boat kayu tanpa nomor haluan dan tanpa nama melintas di sungai kecil bersama muatan.

Setelah diamati ternyata kapal boat bermuatan Balpres atau pakaian bekas ketika kapal bersandar dan bertambat pihaknya melakukan pengrebekan dan melakukan penangkapan dan petugas langsung mengamankan kapal boat bersama barang bukti ball pres pakaian bekas tersebut.

Menurut Firdauas, kapal kayu bermuatan pakaian bekas tersebut diperkirakan membawa sekitar 3 ton monza. (bbs/int)

0 comments:

Post a Comment