16.8.16

Lomba Pramuka Proklamasi di Sosa Berlangsung Seru


TobaTimes-Hari kedua pelaksanaan Perkemahan Pramuka Proklamasi di Kecamatan Sosa yang dipusatkan di Lapangan Canoco Pasar Ujungbatu benar-benar seru, Senin (15/4). Perlombaan demi perlombaan mendapat antusias warga untuk menyaksikannya, meskipun pesertanya hanya anak sekolah. 



Pramuka proklamasi ini memang sudah menjadi ciri khas setiap menghadapi peringatan hari kemerdekaan di Kecamatan Sosa. Meskipun, mulai tahun ini, ada juga yang membuat kegiatan serupa, yakni Kecamatan Hutaraja Tinggi. 

Seperti terlihat kemarin, berbagai perlombaan terlihat. Mulai dari menangkap belut, hingga berbagai pertandingan olahraga. Ada juga beberapa perlombaan kepramukaan, mulai dari halang rintang meniti satu tali, pengucapan teks proklamasi gaya retorika Bung Karno, dan lomba lagu wajib. 

Teriakan dukungan sesama siswa juga terdengar. Tak kalah pula, orang tua dan masyarakat sekitar yang menyaksikan ikut terlarut dalam kebersamaan itu. 

"Seru ya perlombaannya. Anak-anak kita kan semangat," kata Aisah, seorang ibu yang menyaksikan anaknya ikut bertanding. 

Dikatakan Aisah, pramuka menjelang 17 Agustus ini memang sudah menjadi hal yang ditunggu-tunggu masyarakat di Sosa. "Anak saya tak mau tak ikut. Harus ikut dia katanya," kata Aisah. 

Kepala SDN 0401 Pasar Ujungbatu Hasnawati Pasaribu mengatakan, pelaksanaan pramuka sangat bermanfaat bagi siswa. Terutama, dalam penanaman karakter mereka. 

"Bayangkan, yang tak pernah sholat subuh akan sholat subuh di sini. Yang biasanya malas-malasan, akan rajin di sini. Pramuka itu sangat bagus untuk menempa disiplin siswa," kata Hasnawati. 

Di sisi lain, menurutnya, perkemahan pramuka ini juga membuat siswa makin percaya diri. Sebab, mereka berbaur dengan yang lain dari berbagai sekolah. 

Tak hanya itu, manfaat yang juga tak perlu dipungkiri, yakni adanya perputaran ekonomi masyarakat sekitar dengan adanya perkemahan pramuka ini. Sebab, tak kurang puluhan pedagang menjajakan jualannya di sekitar lokasi, yang tentunya menambah penghasilan mereka. (int)

0 comments:

Post a Comment