18.8.16

Ratusan Pemain Suling Meriahkan Karnaval Danau Toba

TobaTimes-Sedikitnya 350 pemain suling (sulim) Batak di Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara akan turut meriahkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT)2016. Pemain alat musik tiup khas halak hita itu dipimpin langsung Martogi Sitohang, maestro suling Batak.


Koordinator Pelaksana Karnaval Jay Wijayanto menjelaskan, 350 pemain suling itu berasal dari Toba Samosir, Humbang Hasundutan dan Dairi.

“Melalui Yayasan Seruling Martogi telah membuat pelatihan seruling bagi ribuan remaja di 7 kabupaten di kawasan Danau Toba,” ujar Jay.

Repertoar yang dimainkan dalam karnaval kemerdekaan Pesona Danau Toba meliputi lagu tradisi Batak dan juga lagu nasional.

Berbeda dengan seruling dari tradisi daerah Indonesia lain yang disusun dalam tangga nada pentatonik, suling Batak justru bertangga nada diatonis, sehingga lebih luwes untuk berkolaborasi dengan alat musik modern dalam formasi ensambel.

“Kemungkinan besar tangga nada diatonis ini dipengaruhi oleh musik dari Eropa yang dibawa oleh misionaris Jerman. Namun masih ada seruling Batak yang bertangga nada diatonis yaitu seruling Karo Balobat,” jelasnya. (batakgaul.com/int)

0 comments:

Post a Comment