20.8.16

Stop Narkoba Sebelum Terlambat

TobaTimes-Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) menggelar sosialisasi penyuluhan, pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba kepada seluruh unsur yang mewakili masyarakat, Kamis (18/8) di Aula Kantor Bupati Paluta.


Dalam sosialisasi yang berlangsung satu hari ini dibuka secara resmi oleh pelaksana tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta Tongku Palit Hasibuan diikuti kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, OKP, Ormas, organisasi keagamaan serta undangan lainnya.

Pada kesempatan ini, narasumber didatangkan dari Polres Tapsel yakni Kasat Narkoba AKP Mulyadi Efendi SH, dari BNNK Tapsel dr Indra Gunawan Nasution dan Mancar MPdi dari Bidang Pencegahan dan Keagamaan.

Plt Sekdakab Paluta dalam sambutannya menyampaikan, sosialisasi ini harus dilakukan sebagai bentuk pencegahan serta penanggulangan bahaya dan peredaran gelap narkoba di kalangan masyarakat, khususnya Paluta.

Sebab, penanggulangan narkoba tidak dapat diatasi oleh individu, tetapi harus melibatkan semua unsur melihat saat ini narkoba sudah menggejala dan menjadi wabah bagi masyarakat.

Ia mengajak semua pihak atau stakeholder terutama kepala desa untuk terlibat dalam penanggulangan masalah peredaran narkoba.

“Stop narkoba sebelum terlambat. Narkoba merupakan masalah kita semua, butuh kerja keras dari tokoh masyarakat, tokoh agama, unsur pemerintahan dan masyarakat agar bersama-sama berperan aktif dalam pencegahan narkoba demi keselamatan bangsa dan anak-anak kita di masa yang akan datang,” ujarnya.

Saat ini, nakoba merupakan salah satu bahaya laten yang harus dihindari. Sama halnya dengan teroris. Sebab selain merusak kehidupan penggunanya juga dapat me-rusak perekonomian.

Ia mengimbau kepada seluruh peserta terutama kepala desa agar selalu mengawasi anggota masyarakat maupun anggota keluarga. Mengingat, peredaran narkoba tidak hanya di tataran kota, tapi sudah merambah ke wilayah pedesaan.

Sementara, Kasat Narkoba Polres Tapsel AKP Mulyadi dalam pemaparannya menyampaikan sebab akibat dari penyalahgunaan narkoba dan langkah-langkah perspektif yang dapat dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat dalam upaya pencegahan.

Ia juga memaparkan tentang undang-undang dan peraturan yang mengatur ketentuan pidana penyalahgunaan narkoba serta peraturan yang melindungi masyarakat dalam peran aktifnya untuk mencegah dan memberantas peredaran narkoba di seluruh wilayah Indonesia.

Kepala Badan Kesbangpollinmas Paluta Edi Saleh Lubis melalui Kabid Kewaspadaan Daerah Yusuf MD Hasibuan yang bertindak sebagai ketua panitia mengatakan, sosialisasi ini merupakan salah satu langkah pemkab dalam memberantas narkoba di seluruh wilayah Kabupaten Paluta khususnya.

Sosialisasi ini melibatkan seluruh unsur masyarakat, antara lain aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, ormas, OKP dan elemen masyarakat lainnya dengan tujuan agar aparatur pemerintahan serta seluruh unsur masyarakat bersama-sama memberantas peredaran narkoba.

“Permasalahan narkoba telah menjadi permasalahan bangsa yang dampaknya telah merambah ke hampir ke seluruh pelosok desa. Tidak mengenal usia tempat maupun jabatan. Untuk itu kita harus bekerjasama dalam mencegah dan memberantas peredarannya sebelum terlambat,” pungkasnya. (bbs/tt/int)

0 comments:

Post a Comment