14.8.16

Karnaval HU RI, Peserta Wajib Berpakaian Adat Batak

TobaTimes-Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba akan dilaksanakan di Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) pada Minggu (21/8), dimulai pukul 14.00 WIB. Selama pelaksanaan acara itu, semua peserta dan penonton diwajibkan mengenakan pakaian adat, termasuk Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo bersama rombongan.


Hal itu disampaikan panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang ditemui di Balige, Sabtu (13/8). Diterangkan, acara yang akan dibuka Presiden RI itu dimulai pukul 15.00 dengan menggunakan jalur sepanjang 3,5 km dari Soposurung hingga Simpang Sibulele. Presiden Jokowi akan  ulos Ulos Batak Ragidup Sirara, sedangkan Ibu Riana mengenakan ulos bermotif Tum-Tum.

"Peserta dan penonton juga wajib mengenakan pakaian adat masing-masing. Terserah pakaian adatnya seperti apa," tutur Koordinator Karnaval Jay Wijanto didampingi Kordinator Lapangan Daerah Harianto Sinaga dan Divisi Acara Thomson HS.

Diterangkan, Presiden bersama Ibu Negara dijadwalkan tiba di Soposurung sekira Pukul 15. 00 WIB, disambut 7 bidadari, moncak. Kemudian berjalan menuju panggung start yang didirikan di depan SMK N 1 Balige.

Lalu disajikan tari 5 Puak, Kemudian tari 9 Cawan, dan koor yang diikuti 300 peserta. Lalu pelepasan.

"Selain Penari, ada juga 700 orang ibu-ibu dengan pakaian adat membawa tandok dalam karnaval. Kemudian 7 unit hias.  Iring-iringannya sedang kita rancang," tandasnya. (bbs/int)

0 comments:

Post a Comment