27.9.16

DPRD Sidak di RSUD HAMS Kisaran, Dokter Diminta Hadir Tepat Waktu



TobaTimes, Kisaran - Anggota Komisi I DPRD Asahan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di RSUD H Abdul Manan Simatupang (HAMS), Kisaran, Jumat (23/9).

Hasilnya menemukan sejumlah masalah yang banyak dikeluhkan masyarakat. Diantaranya jam kehadiran dokter tidak tepat waktu dan kain alas tempat tidur pasien kurang bersih seperti terlihat bercak darah sudah tiga hari tidak berganti.

Selanjutnya ruang instalasi radiologi dan ruang ST Scan dan kamar rontgen kumal, kabel listrik acak-acakan, ruang apotik minim perlengkapan, serta lambannya penanganan medis.

Salah seorang pasien, P Purba saat dikonfirmasi Budianto Lubis menyebutkan, dalam pengambilan -obat-obat sudah agak lebih baik dibanding tahun lalu. Hanta saja menurutnya, masih ada  kekurangan terutama kehadiran dokter yang lama menunggu, sehingga terkadang banyak pasien yang pulang.

“Banyaknya keluhan terkait pelayanan di RSUD HAMS ternyata bukan isapan jempol. Ini terbukti dari hasil sidak Komisi D menemukan masih banyak permasalahan, baik segi kehadiran dokter pelayanan dan juga kebersihan,” sebut Budianto.

Dia mengakui, masih kekurangan tenaga ahli kedokteran dikarenakan pimpinannya yang bobrok. "Hasil pemantauan secara langsung, banyak sistem dan alur pelayanan yang tidak maksimal. Padahal ini melayani orang sakit yang seharusnya diutamakan," sebut Budianto.

Dikatakan, anggota DPRD kecewa saat mengunjungi pelayanan karena masih banyak keluhan mulai dari minimnya interaksi dokter kepada pasien, apalagi saat melihat di ruang paruh wanita alas kain tempat tidur terlihat percikan darah hingga tiga hari tidak berganti.

Sementara Nurlela Panjaitan seharusnya rumah sakit memiliki pelayanan yang bagus, karena RSUD HAMS merupakan penunjang utama untuk masalah kesehatan masyarakat. “Ini juga dikarenakan kurangnya tenaga medis, jadi kedepan sistim itu harus kita rubah,” sebut Nurlela.

Pelaksana Harian (Plh) Dirut RSUD HAMS, Elfina br Tarigan menyampaikan terima kasih atas kehadiran Komisi D DPRD Asahan.

“Karena kita juga sama-sama melihat, jadi sinkron permasalahan yang akan kedepan saya perbaiki. Nantinya saya akan meningkatkan akreditas pelayanan terbaik demi kepentingan masyarakat,” sebutnya. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment