4.12.16

Puncak Tahun Keluarga HKI se-Resort Digelar di Ajibata


TobaTimes, Ajibata - Perayaan puncak Tahun Keluarga HKI se-Resort Ajibata yang dirangkai Tahun Baru Gerejawi dan Minggu Advent I berlangsung damai dan hikmat. Kebaktian digelar dengan Ibadah Inkulturasi Batak Toba, beberapa waktu lalu.
Tema tahun keluarga HKI ‘Hidup bersama sebagai keluarga Allah (Efesus 2:19-20). Sub tema ‘Melalui Tahun Keluarga 2016 Jemaat HKI se-Resort Ajibata semakin Kuat Iman’.

Pendeta HKI Resort Ajibata Pdt Ronald Sihombing STh didampingi Ketua Panitia Irwandi Sirait mengatakan, sebelum acara pucak tahun keluarga sudah digelar berbagai kegiatan, seperti bakti sosial, perlombaan olahraga, lomba memasak, lomba puisi dan lomba pergelaran drama singkat.

“Dengan perayaan Tahun Keluarga ini diharapkan akan menguatkan wadah keluarga HKI untuk melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan mengikat simpul-simpul keharmonisan keluarga. Kegiatan digelar di seluruh gereja se-Resort Ajibata (HKI Ajibata, HKI Lumbanrang, HKI Motung dan HKI Sibisa). Pengunjung acara, seluruh jemaat manortor bersama,” jelas Pdt Ronald Sihombing STh.

Kepala Departemen Marturia Kantor Pusat HKI Pdt Jansen Simanjuntak STh MM dalam khotbahnya mengatakan, pada masa perang kemerdekaan melawan penjajah, bangsa Indonesia dikenal memiliki karakter yang kuat.

“Bandingkanlah dengan kondisi karakter bangsa saat ini dengan degradasi nilai-nilai di seluruh lini kehidupan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia tak seiring dengan semakin kuatnya karakter bangsa, justru sebaliknya. Benih-benih memudarnya kekuatan karakter bangsa sudah nampak,” jelasnya.

Korupsi yang tak habis-habis, maraknya tawuran remaja maupun tawuran warga, perang antar suku, budaya suap menyuap dan banyaknya pelajar/mahasiswa yang menjadi penyalahguna narkoba adalah sejumlah indikator yang menunjukkan mulai melemahnya karakter bangsa Indonesia.

“Tak dipungkuri kekuatan karakter bangsa Indonesia di masa perjuangan kemerdekaan berasal dari kuatnya ketahanan keluarga para pejuang kemerdekaan. Jika karakter keluarga kuat maka karakter bangsapun akan kuat,” kata Pdt Jansen Simanjuntak.

Lebih lanjut, Pdt Jansen menguraikan bahwa saat ini keluarga Indonesia mengalami terpaan ujian. Oleh karena itu, menjadi komitmen HKI untuk berjuangkan mengokohkannya. Keluarga adalah wahana penopang bangsa. Keluarga adalah entitas sekaligus aset vital yang perlu diayomi, ditingkatkan kapasitas dan kualitasnya, karena keluarga adalah rumah jiwa bangsa. Oleh karena itu, dalam rangka memaknai acara puncak Tahun 2016, HKI kembali mengajak semua masyarakat khususnya jemaat HKI untuk bersama-sama bergandengan tangan memperkuat ketahanan keluarga.

“Jika nilai-nilai ekonomi, politik bangsa ini mengalami penurunan, hendaknya nilai moral dan spiritual kita harus terjaga. Meski tahun keluarga HKI sudah berakhir bukan berarti kita akan melupakan pembenahan keluarga. Melalui Tahun Keluarga 2016 Jemaat HKI se Resort Ajibata semakin Kuat Iman,” tutup Jansen.

Hadir dalam acara tersebut Kadep Marturia Pdt Jansen Simanjuntak STh MM, pendeta resort HKI Ajibata Pdt Ronald Sihombing STh, CPdt Parliadoan Simangunsong STh, pimpinan redaksi Mutiha Bina Warga HKI Pdt Beresman Nahampun STh, anggota DPRD Tobasa Rustam Silalahi serta para undangan. (TT/int)  

0 comments:

Post a Comment