27.11.16

Di Pulau Rakyat, Ada Proyek Hotmix Tanpa Plang


TobaTimes, Pulau Rakyat - Saat ini sedang berlangsung perbaikan jalan menuju Dusun I, Desa Tunggul 45, Kecamatan Pulau Rakyat, Asahan. Kondisi jalan yang dulunya kupak-kapik akan diaspal hotmix.
Proyek pengaspalan hotmix tanpa plang.
Tapi warga kecewa, karena di lokasi pengerjaan sama sekali tidak ada plang proyek. Warga yang ingin melakukan pengawasan terhadap proyek itu protes. Terutama mereka yang sering melintasi jalan tersebut, seperti warga dari Desa Persatuan, Desa Bangun, Desa Tunggul 45, dan Desa Opa. 

‘’Sebagai warga, tentu kami ingin tahu ini volume jalan yang diperbaiki berapa, dananya berapa. Jadi kita bisa ikut melakukan pengawasan. Sekarang kan, harus transparan,” ujar S Butarbutar, Kamis (24/11).

Protes serupa disampaikan Tumpal Tampubolon, warga Desa Pulau Rakyat Pekan. Menurut Tumpal, seharusnya sejak awal pengerjaan proyek pihak rekanan sudah memasang papan plang.

‘’Jadi fungsi pengawasan bisa maksimal. Itu penting karena yang melintasi jalan ini nantinya, kami juga,” ujarnya.

‘’Harus jelas itu, dananya berapa, dari mana. Panjang jalan yang diperbaiki berapa. Itu harus disebutkan,” ujarnya lagi.

Kepala Desa Tunggul 45 juga mengaku heran kenapa tidak ada plang di lokasi proyek. Ia mengaku sempat didatangi seseorang yang mengaku rekanan. Si rekanan datang dan menyampaikan rencana melakukan pembongkaran portal di Simpang Desa Orika. ‘’Itu aja. Jadi kan aneh juga ini,” katanya.

Ketua KNPI Samsudin Sitorus juga sependapat dengan warga. Menurutnya, sekarang sudah jamannya transparan. Tak ada lagi yang perlu ditutup-tutupi.  ‘’Kalau transparan, kita pun enak mengawasinya,” sebut Sitorus. (TT/int)
 

0 comments:

Post a Comment