6.12.16

Jaksa Cantik Ini Harusnya Ikut Tuntut Ahok, tapi Dibatalkan, Kenapa Ya?

 
Irein Erilanita.

TobaTimes, Jakarta - Seorang jaksa berparas cantik dan aduhai, Irein Erilanita, mendadak dicoret dari tim jaksa penuntut umum (JPU) pendakwa Ahok di persidangan nanti.

Jaksa Agung M Prasetyo mengatakan, pergantian anggota tim JPU pendakwa Ahok itu dilakukan untuk menepis praduga. Sebab, perkara yang disidangkan memang sensitif, sehingga harus hati-hati. Tim JPU pendakwa Ahok dipimpin oleh Ali Mukartono.

“Ada 13 jaksa kita tugaskan, tetap dipimpin Ali Mukartono. Dan ada satu jaksa diganti karena memunculkan praduga dan katakanlah kecurigaan. Karena kebetulan ini perempuan, maka diperintahkan mengganti yang bersangkutan,” kata Prasetyo dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR, Selasa (6/12/16).

Namun, Prasetyo tidak menjelaskan lebih rinci perihal pergantian tim JPU yang menangani perkara Ahok tersebut. Prasetyo justru menegaskan, bisa saja ada anggota tim JPU lainnya yang diganti. “Karena menimbulkan praduga tertentu. Nanti kami akan lihat lagi, kalau ada ini (kecurigaan lain), kita ganti (lagi),” katanya singkat.

Menurut Prasetyo, jaksa memang ada pada posisi subjektif. Namun, katanya, cara jaksa memandang perkara harus objektif, sehingga memilih Jaksa harus berhati-hati dalam menangani kasus Ahok. Dengan demikian tidak perlu ada keraguan ataupun kecurigaan terhadap tim JPU.

“Tidak apalah. Untuk menghidari keraguan dan sebagainya, jalan paling aman memgganti yang bersangkutan,” ujarnya. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment