24.11.16

Gubsu T Engku Erry Nuradi Diberi Marga Harahap


TobaTimes, Paluta - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi dinobatkan sebagai marga Harahap oleh Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Paluta. Penobatan dilakukan saat Gubsu melakukan kunjungan untuk peresmian kantor Bupati Paluta, Rabu (23/11).
Gubsu diberi marga Harahap.
Ketua Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Paluta Tongku Parlaungan Harahap menyampaikan rasa bangga atas penobatan Gubsu sebagai marga Harahap dengan maksud bahwa Gubsu secara resmi sudah menjadi bagian dari adat masyarakat Kabupaten Paluta dengan gelar atau nama raja, Tongku.

Pemberian gelar yang sama dengan dirinya kepada Gubsu yakni Tongku Parlaungan Harahap memiliki sebuah makna yakni tempat bernaung atau berteduh sekaligus pengayom untuk masyarakat di seluruh wilayah Sumut.

“Gubsu sudah menjadi bagian dari masyarakat Paluta. Gelar Tongku Parlaungan Harahap memiliki arti sebagai tempat bernaung dan berteduh bagi masyarakat Sumut,” ujarnya.

Harapannya, dengan diberikannya marga Harahap kepada Gubsu ini akan menjadi salah satu langkah mempererat dan mendekatkan jalinan silaturrahmi dan kekeluargaan dari masyarakat kepada Gubsu khususnya masyarakat Paluta.

Sementara, Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap mengaku bangga atas inisiatif dari tokoh adat yang telah memberikan marga dan gelar adat kepada Gubsu.

Pemberian marga Harahap ini dinilai sebagai rasa syukur serta rasa kedekatan dan kekeluargaan dari masyarakat khususnya kepada Gubsu sebagai pemimpin di Sumut yang dianggap sebagai tempat bernaung dan pengayom bagi mereka selama ini.

“Ini salah satu bukti bahwa masyarakat percaya dan dekat kepada Gubernur yang dianggap sebagai tempat bernaung dan pengayom dalam pemerintahan,” katanya.

Bupati berharap dengan pemberian marga sekaligus gelar ini akan menjalin kedekatan jalinan silaturrahmi dan kepercayaan masyarakat kepada Gubsu untuk meningkatkan pembangunan di wilayah Sumut serta meningkatkan perhatian dan kepeduliannya kepada masyarakat yang ada di daerah itu.

Menanggapi hal itu, Gubsu Tengku Erry Nuradi dengan nama adat Tongku Parlaungan Harahap usai dinobatkan sebagai marga Harahap mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk menyandang marga Harahap.

Pemberian marga Harahap serta gelar Tongku Parlaungan Harahap ini akan menjadi amanah bagi dirinya untuk menjalankan pemerintahan sesuai dengan harapan masyarakat yakni pemimpin tempat bernaung dan pengayom bagi masyarakat di seluruh wilayah Sumut.

Ia juga mengatakan, dengan diberikannya marga Harahap kepada dirinya mengartikan bahwa saat ini ia sudah diterima dan menjadi bagian dari masyarakat dan berharap ini akan terus terjalin ke depannya.

“Semoga dengan pemberian marga Harahap dan gelar ini akan menjadi berkah dan doa bagi saya. Mudah-mudahan ditarimo Tondi dohot Badan ma (diterima jiwa dan raga). Jadi mulai sekarang saya sudah bisa dipanggil dengan nama Pak Harahap ya,” katanya dengan nada bergurau dan disambut tepuk tangan dari seluruh undangan yang hadir. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment