23.11.16

Hore, Harga Sawit Terus Membaik


TobaTimes, Palas - Harga tandan buah segar (TBS) sawit terus menunjukkan angka menggembirakan bagi petani di Kabupaten Padang Lawas. Kemarin (22/11), harga sawit di peron UD Sawit Makmur sudah berada di level Rp1.730 per kg.
Kelapa sawit.
Kenaikan harga ini menjadi angin segar bagi petani. Terlebih musim hujan seperti sekarang ini.

"Kalau harga dan buahnya naik, tenanglah kita," kata Nasir, seorang petani sawit usai menjualkan TBS miliknya kemarin.

Hal senada juga diungkapkan Amran, warga lainnya. Dikatakan, harga yang terus naik membuat petani rajin merawat kebun mereka. Seperti melakukan pemupukan. "Maunya sampai dua ribu lah ya per kilo," tambahnya lalu tertawa kecil.

Dalam kesempatan berbeda, seorang toke pengumpul sawit Karnen Hasibuan juga mengaku, harga sawit semakin membaik. "Bolehlah kalau untuk harga sawit. Hampir tiap minggu ada kenaikan," kata Karnen.

Harga beli di tingkat petani sudah berkisar Rp1.500 hingga Rp1.600 per kg. Tergantung kualitas buah dan besar TBS-nya.

Apa yang disampaikan Karnen memang tidak jauh beda dengan pengumuman harga yang terlihat di peron Sawit Makmur di Sibuhuan. Harga beli sawit di peron ini sudah mencapai Rp1.500 per kilogram.

Memang harga di peron dengan di tingkat petani yang langsung dijemput tandan buah segar (TBS-nya) ke lokasi akan berbeda. Perbedaan harganya tergantung jauh atau dekatnya lokasi penjemputan. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment