13.12.16

Singapura Sepakat Berinvestasi di Danau Toba


TobaTimes, Jakarta - Singapura menjadi mitra strategis Indonesia dalam membangun kawasan wisata Danau Toba. Setelah membuat master plan pembangunan wisata Danau Toba, Negeri Singa itu juga sepakat berinvestasi di danau kebanggan orang Batak ini pada 2017.
Danau Toba
"Singapura sepakat berinvestasi di Danau Toba, Borobudur dan Mandalika,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, kemarin.

Tidak cuma di bidang pariwisata, kata Luhut, RI-Singapura juga bekerjasama di bidang pembangunan gas alam cair (LNG), pembangunan IT park (kawasan informasi dan teknologi), serta pengelolaan sampah di laut menjadi energi listrik. "Kami berharap pada akhir 2017 mendatang, semuanya bisa terealisasi dengan baik,” ujar Luhut.

Lanjutnya, Indonesia menargetkan kunjungan wisatawan asing sebanyak 20 juta orang pada 2019. Untuk itu, pemerintah terus melakukan segala upaya mewujudkan target tersebut dengan membangun sejumlah fasilitas pendukung.

Terkait kerja sama Indonesia-Singapura, juga ada rencana membangun terminal kapal pesiar atau cruise. Terminal ini rencananya akan dibangun di Tanjung Benoa Bali, Palembang, Medan dan Semarang, untuk menjaring sekitar 300 kapal pesiar per tahun.

Hal itu dilakukan lantaran selama ini kapal-kapal pesiar yang datang ke Indonesia masih sangat minim. Padahal, Indonesia merupakan salah satu destinasi wisatawan asing.

Luhut menargetkan dalam kurun waktu dua hingga tiga tahun mendatang, setidaknya ada 150 cruise yang masuk ke Indonesia. "Rabu (14/12) mendatang, kami akan mengagendakan rapat terkait rencana pembangunan terminal cruise," imbuhnya.

Singapura juga sepakat untuk membantu pelatihan pelayanan turis di Indonesia. Untuk pembangunan LNG, kata Luhut, Singapura juga akan melakukan pembangunan pembangkit listrik di wilayah-wilayah pulau-pulau terpencil. Negara itu dinilai memiliki teknologi mumpuni untuk membantu mendorong rasio elektrifikasi di Indonesia.

Begitupula dengan rencana pembuatan IT park, berupa penerjemahan pusat data. "Rencana pembangunan penerjemahan data center akan dibicarakan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kami akan bicarakan apa yang bisa dipindahkan ke dalam negeri agar lebih banyak pergerakan IT di Indonesia," pungkasnya. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment