11.11.16

Lemon Potensial Dikembangkan di Tapanuli Utara


TobaTimes, Taput - Karakter dan kultur teknis lemon sangat berpotensi dikembangkan di Tapanuli, khususnya di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Luas lahan di daerah itu juga sangat cocok untuk menanam lemon dengan hasil yang menjanjikan.

Asam Lemon.
Hal itu disampaikan Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Purnawirawan (Purn) Victor Edison Simanjuntak saat kunjungan kerja kepada masyarakat setempat.

“Bertanam lemon sangat membantu penghasilan para petani. Melihat dari potensi lokasi lahan, luas tanah kosong di Taput untuk berpola tanam lemon cukup menjanjikan,” ungkapnya.

Dia mengimbau masyarakat mengembangkan tanaman lemon. "Mari berkebun lemon karena harganya cukup menjanjikan dan menjadi salah satu andalan untuk menambah penghasilan," katanya.

Victor mengatakan, sekitar 50 juta orang di Indonesia mengonsumsi lemon setiap hari karena lemon dapat mengobati beberapa penyakit seperti stroke dan virus di tubuh.

"Sekarang Indonesia masih impor lemon. Aku pikir sekarang ada 50 juta orang di Indonesia yang makan lemon setiap harinya, kenapa? Karena banyak penyakit bisa diobati dengan lemon seperti stroke dan dapat mencuci virus dari tubuh," terangnya.

Victor berharap agar ketika timnya datang untuk memberikan pelajaran tentang budidaya lemon, para kelompok tani dapat menerapkannya.

"Ada sesuatu yang bisa kita olah di sini, makanya saya mau datang lagi dan itu nanti akan kita buktikan. Saya harap itu dapat ditelateni nantinya, apa yang dilatih oleh tim ahli supaya didengar dan dilaksanakan," ucap pria berusia 59 tahun ini.

Tidak hanya itu, menurut Victor, tidak sejahteranya petani yang hidup di desa tidak terlepas dari murahnya hasil-hasil pertanian. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment