20.10.16

Tim Nusantara Sehat Kamenkes Batch IV Tiba di Palas


TobaTimes, Palas - Pemkab Palas kembali menerima petugas Nusantara Sehat Batch IV sebanyak enam orang dari berbagai profesi.

Kedatangan mereka ke Palas untuk melaksanakan tugas di desa terpencil dalam hal peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Prosesi serah terima antara Kementerian Kesehatan RI dengan Pemkab Palas ini diterima Wakil Bupati (Wabup) drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama Kadis Kesehatan Leli Ramayulis SKM di Pendopo Rumah Dinas Bupati , Rabu (19/10).

Kedatangan Tim Nusantara Sehat (NS) Batch IV ini disambut Plt Sekdakab Palas  H Syamsul Anwar Lubis SE, Plt Kadis Sosial Bustami Harahap, Kadis Dukcapil Drs Bermawi Lubis, Kabag Humas Drs Irwan Hasibuan dan Kepala Desa serta sejumlah kepala Puskesmas di antaranya; Kapus Desa Ujung Batu III Hutaraja Tinggi, Sekcam Camat Hutaraja Tinggi dan Kapus Sihapas Barumun.

Kedatangan enam orang dari tenaga medis ini didampingi utusan Kementerian Kesehatan RI drg Idawaty Lina MKes dan utusan Dinkes Provinsi Sumut drg Norlan Situmorang.

Usai serah terima, Tim Nusantara Sehat nantinya akan ditempatkan di Puskesmas Ujung Batu III, Kecamatan Hutaraja Tinggi. Adapun Tim Nusantara Sehat Batch IV terdiri dari; Fadil Pradana asal Medan (sarjana dokter gigi), Nur Hikmah Hasibuan asal Kabupaten Palas (sarjana Kebidanan), Heni Novi Hariyanti asal Semarang (sarjana Perawat), Herlyanty Jendry asal Makassar (sarjana gizi), Syarifah Ratnasari Putri asal Makassar (sarjana Apoteker) dan Rachman Ramadana asal Semarang (sarjana kesehatan masyarakat).

Kadis Kesehatan Palas Leli Ramayulis menyatakan, kedatangan Tim NS akan mendukung pelaksana layanan kesehatan primer di puskesmas dimana mereka ditugaskan. Mereka yang bertugas tersebut sudah dibekali dengan berbagai persiapan termasuk kekuatan fisik, mentalitas, dan kebersamaan dalam tim dan jiwa nasionalisme yang kuat dalam menghadapi kondisi di lapangan.

Dikesempatan itu, Wabup Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu dalam arahan dan bimbingannya mengucapkan selamat datang kepada Tim NS yang telah diberikan amanah Kemenkes. Tim ini berada di Palas selama dua tahun ke depan.

"Kedatangan adik-adik dinilai membawa berkah bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Palas. Hal itu terbukti dengan masuknya tim NS Batch III sebelumnya ke Palas telah mampu merubah pola pikir masyarakat untuk meningkatkan kesehatan khususnya masyarakat di sekitar Puskesmas Sihapas Barumun,” terangnya.

Pemkab Palas, siap mendukung dan memfasilitasi segala keperluan aktivitas tim NS selama bertugas di daerah tersebut. Untuk itu, Puskesmas dan Dinas Kesehatan diharapkan mengadopsi semua ilmu yang akan dipraktekkan Tim NS kepada masyarakat.

“Selama menjalankan masa tugas di Palas, ada perubahan yang signitifikan di bidang kesehatan. Begitu juga ilmu kesehatan dan semangat Tim NS nantinya dapat merubah pola pikir masyarakat untuk mengadopsi ilmu-ilmu kesehatan yang menyangkut tentang perbaikan pelayanan prima kepada masyarakat secara umum,” jelas Wabup.

Wabup juga mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi kinerja tim NS, apakah memang betul-betul berdomisili di desa selanjutnya bertugas dan melayani kesehatan masyarakat di sekitar Puskesmas.

pada kesempatan itu, Wabup sedikit menceritakan tentang Kabupaten Palas, masih ada dua lagi daerah terpencil yakni di Kecamatan Batang Lubu Sutam dan Kecamatan Sosopan yang membutuhkan tenaga medis Nusantara Sehat.

"Apabila kedua daerah itu terisi, maka empat juru mata angin di Kabupaten Palas sudah ada tim Nusantara Sehatnya," sebutnya.

Sementara itu, Pendamping Kementerian Kesehatan Idawaty Lina MKes dalam kesempatan itu menjelaskan kedatangan tim NS tahun 2016 di Palas merupakan hasil rekrutmen tenaga kesehatan secara online oleh Kemenkes RI, dan dilakukan dua tahap seleksi yaitu adiministrasi dan seleksi psikologi, FGD (focus group discussion) dan wawancara yang dilakukan oleh psikolog, Kemenkes, juga organisasi profesi.

“Untuk peningkatan kualitas, tim NS sudah diberikan pembekalan selama 45 hari dengan materi bela Negara, tekhnis medis dan non medis, serta program-program Kemenkes yang diberikan Kemenkes, TNI angkatan darat, Fakultas kedokteran UI, RSCM dan puskesmas serta lembaga pemerhati kesehatan,” terangnya.

Tujuan diturunkannya ti ini adalah untuk memperkuat kinerja puskesmas dan meningkatkan upaya promotif dan preventif serta menyelesaikan permasalahan kesehatan yang terjadi di wilayah kerja Puskesmas.

“Untuk itu, Pemkab diharapkan membantu memfasilitasi adik-adik tim NS demi kelancaran tugas mereka selama dua tahun bertugas di Kabupaten Palas,” ujarnya. (TT/int)

0 comments:

Post a Comment