20.10.16

Aspal Jalan di Sipaho Pecah dan Bergelombang


Ilustrasi.
TobaTimes, Paluta - Pekerjaan proyek peningkatan jalan di Desa Sipaho, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Paluta sangat mengecewakan.

Kondisi jalan itu sudah pecah-pecah dan bergelombang, seolah dikerjakan asal jadi. Masyarakat setempat meyakini jalan yang baru dikerjakan tersebut tidak akan bertahan lama.

Informasi dari pihak Dinas PU dan PE Paluta diketahui, proyek jalan yang berada di Desa Sipaho, Kecamatan Halongonan itu dikerjakan CV Andesron dengan nilai proyek Rp1,4 miliar dan bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Ketua LSM Gempar Sumut Aman Sudirman Harahap kepada Metro Tabagsel mengatakan, proyek jalan yang berada di Desa Sipaho, Kecamatan Halongonan diduga dikerjakan tanpa pengawasan seriu. Alhasil proyek tersebut tidak berkualitas.

Kualitas pengaspalan yang asal-asalan membuat warga geram dan hal itu terlihat dari pasangan batu yang dipasang diduga tidak sesuai dengan RAB. Ketebalan jalan setelah pengaspalan hanya dua centimeter saja.

“Ketebalan aspal cuma dua centimeter, berarti tidak ada batu pecahnya. Hanya sirtu (pasir batu) lalu disirami aspal saja,” ujarnya, Rabu (19/10).

Aman yang juga putra asli Desa Sipaho ini menambahkan, pihak rekanan seharusnya mengutamakan dan memperhatikan mutu dan kualitas sehingga proyek yang telah dikerjakan membawa dampak dan manfaat besar bagi seluruh masyarakat.

Dia meminta kepada Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap untuk ikut serta melakukan pengawasan langsung ke lokasi proyek, karena instansi terkait sudah tidak lagi bisa dipercaya.

“Berdasarkan hasil pantauan kita di berbagai lokasi proyek, pembangunan di kabupaten ini sangat tidak wajar dan sangat mengecewakan,” ujarnya.

Beberapa warga sekitar juga mengaku kecewa atas hasil proyek jalan yang diduga asal jadi itu. Sebab baru beberapa hari selesai dikerjakan kondisi jalan sudah mulai pecah-pecah dan bergelombang.

“Sangat kecewalah, karena hasil pekerjaannya kurang memuaskan. Diperkirakan hanya mampu bertahan selama beberapa bulan saja ini,” kata Tohar Harahap.

Sebelumnya, Kadis PU dan PE Paluta Ramlan ST kepada wartawan mengaku sudah menyuruh kontraktor pelaksana proyek untuk memperbaiki proyek peningkatan jalan yang berada di Desa Sipaho, Kecamatan Halongonan itu secepatnya. (TT/int)


0 comments:

Post a Comment