8.8.16

Waduh, Anak SD dan SMP Direncanakan Sekolah Hingga Jam 5 Sore

TobaTimes-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengusulkan agar pendidikan dasar (SD dan SMP), menggunakan sistem full day school. Nantinya, para pelajar diwajibkan berada di sekolah sejak pukul 07.00 hingga 17.00.



Hal itu dilakukan agar anak tidak sendiri ketika orang tua mereka masih bekerja.

"Dengan sistem full day school ini secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan tidak menjadi 'liar' di luar sekolah ketika orang tua mereka masih belum pulang dari kerja," kata Muhadjir.

Menurut Muhadjir, kalau anak-anak tetap berada di sekolah, mereka bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan mengaji sampai dijemput orang tuanya usai jam kerja.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, usulan full day school harus dikaji lebih dalam.

"Saya ingin agar kajiannya lebih komprehensif, dan buat saya syaratnya satu saja, sekolah harus menyenangkan, jangan sampai mereka (anak didik) tertekan atau stres," kata Ganjar di Semarang, Senin 8 Agustus 2016.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu mengungkapkan, muncul permasalahan mengenai transportasi terkait dengan penetapan full day school dan lima hari sekolah.

"Kalau di desa akan muncul permasalahan mengenai transportasi, kalau di perkotaan sangat bisa diterapkan, sudah saya evaluasi soalnya," ujarnya.

Kata Ganjar, sistem belajar full day school harus diujicobakan di beberapa sekolah jika pemerintah ingin menerapkannya. (bbs/int)

0 comments:

Post a Comment